Esports

Dominasi Pemain Indonesia di Liga PES Thailand

Mainmain.id

Posted on February 8th 2021

 

Bicara sepak bola, prestasi Indonesia dalam beberapa dekade ini tertinggal dari Thailand. Tiap kalai berhadapan dengan timnas Thailand, Indonesia seperti sulit sekali menang. Tapi itu tidak terjadi pada ajang sepak bola untuk esports. Pemain Indonesia justru menjadi tumpuan tim-tim Thailand.

Ya, selama ini Thailand termasuk cukup progresif dalam menggelar liga esports untuk sepak bola. Mereka tiap tahun rutin menggelar kompetisi Thai e-League Pro. Kompetisi itu mempertandingkan game Pro Evolution Soccer (PES). Pesertanya tim-tim yang berkompetisi di sepak bola Thailand. Plus, tim tamu dari beberapa negara Asia termasuk Indonesia.

Tahun ini kompetisi itu kembali digelar dengan nama Thai e-League Pro 2021. “Kickoff”-nya digelar, Sabtu (6/2). Pemain Indonesia langsung menunjukan dominasinya. Mereka menghiasi puncak klasemen sementara.

Tahun ini tim dari Indonesia, Zeus Gaming terpilih untuk mewakili tim sepak bola Bangkok Glass Pathum United (BGPU) untuk ikut di Thai e-League Pro 2021. Meskipun baru berlaga di liga esports Negeri Gajah Putih, namun 5 dari 6 pemain Zeus sudah berpengalaman ikut kompetisi Thai e-League 2020 lalu.

Salah satu pemain Zeus Gaming yang sempat berprestasi di Thai e-League 2020 adalah Rizal “Ivander” Danyarta. Ia sempat meraih predikat top skorer Thai e-League Pro berturut-turut, dari musim 2019 hingga 2020. Saat itu ia tampil bersama BGPU.

Nah, Zeus Gaming sendiri menjalani laga perdana menghadapi Suphanburi FC. Di laga itu, Rizal “Ivander” dkk berhasil menang telak. Dari nomor 3v3, Zeus Gaming unggul 3-0 dan 3-2. Lalu di nomor 1v1, Zeus kembali menang dengan skor lebih besar, 7-2.

Raihan 9 poin dengan total 13 gol, membuat Zeus Gaming menduduki puncak klasemen sementara Thai e-League Pro 2021. Memang masih ada pertandingan yang berjalan Minggu (7/2), yang ketika tulisan ini diturunkan laga masih berjalan. Di antaranya pertandingan yang melibatkan pemain Indonesia di Minggu (7/2) adalah duel sengit Purple Mood Esports melawan Police Tero FC.

Purple Mood Esports punya dua pemain Indonesia, yakni Akbar Paudie dan Bayu Habibie. Sementara Police Tero FC didominasi pemain jebolan Indonesian Football e-League (IFeL), yaitu Adhie QwaSG, Setia Widianto, dan Lucky Maarif. Ada juga Ricky Vega dan Ananta Ade 'Karbit' Denada.

Total ada 15 pemain Indonesia yang berlaga di Thai e-League Pro 2021. Mereka tersebar di lima tim (selengkapnya lihat grafis). Menurut catatan IFeL, jumlah itu lebih banyak daripada tahun-tahun sebelumnya. Pada Thai e-League Pro musim 2019 hanya ada 2 pemain asal Indonesia. Lalu pada musim 2020, pemain Indonesia di liga Thailand bertambah menjadi 9 orang.(*)

Pemain Indonesia di Thai e-League Pro 2021

- Zeus Gaming: Rizal “Ivander”, Ferry Gumilang, Elga Cahya Putra, Fiqri "Dom" Rahardian, Rommy Hadiwijaya, Elul Wibowo.

- Police Tero FC: Adhie QwaSG, Setia Widianto, Lucky Maarif, Ricky Vega dan Ananta Ade "Karbit" Denada.

- Buriram United: Rizky Faidan.

- Purple Mood Esports: Akbar Paudie dan Bayu Habibie.

Related Articles
Esports
Konami Pastikan PES Berubah Jadi 'eFootball', Ini Penjelasan Detailnya...

Esports
Laga "Derby" Indonesia Warnai Pekan Keempat Thai e-League Pro 2021

Esports
Hebat! 3 Pemain PES Indonesia Puncaki Daftar Top Skor Thai e-League Pro 2021