Tech

Mengenal Clubhouse, Aplikasi Social Media "Eksklusif"yang Viral karena Elon Musk

Jingga Irawan

Posted on February 8th 2021

Belakangan ini pengguna media sosial dihebohkan dengan aplikasi bernama Clubhouse. Setelah, CEO Tesla dan SpaceX, Elon Musk melakukan bincang-bincang melalui aplikasi tersebut kemudian mengunggahnya di platform Youtube.

Clubhouse adalah sebuah aplikasi jejaring sosial berdasarkan audio-chat. Konsepnya mirip seperti perpaduan antara voice notes dan panggilan suara biasa yang kita gunakan di Whatsapp. Pengguna dapat mendengarkan percakapan, wawancara, dan melakukan diskusi dengan beberapa orang. Bahkan, dalam satu ruang obrolan, Clubhouse mampu menampung 5 ribu anggota.

Aplikasi Clubhouse disebut sebagai bentuk "Elitisme di dunia virtual". Pasalnya, kalian nggak bisa men-download aplikasi ini dari App Store kemudian membuat akun. Clubhouse dapat diunduh bagi mereka yang diundang saja.

Jika ingin bergabung, pengguna Clubhouse yang sudah memakai aplikasi tersebut harus mengirim undangan dari aplikasi mereka untuk memberi kalian akses membuat akun. Undangan tersebut berupa link yang dikirim ke nomor telepon kalian dan bakal mengarahkan kalian ke sebuah pendaftaran akun.

Misal kalian diundang nih, kemudian join, nah kalian bisa memilih topik yang menarik, seperti teknologi, buku, bisnis, atau kesehatan. Semakin banyak informasi minat yang kalian berikan kepada aplikasi, semakin banyak juga ruang percakapan dan individu yang direkomendasikan aplikasi untuk kalan ikuti.

Namun, pengguna Clubhouse hanya memiliki dua kesempatan pemberian undangan yang tersedia pada awalnya. Dua kesempatan tersebut dapat dikirimkan ke siapa saja kok. Eits tapi jangan khawatir, Alpha Exploration Co. bakal segera menyelesaikan versi beta dari Clubhouse. Sehingga, nantinya aplikasi ini dapat digunakan orang-orang di seluruh dunia.

Clubhouse sebenarnya sudah ada sejak Maret 2020. Aplikasi ini diluncurkan oleh dua orang pengusaha di Silicon Valley, yakni Paul Davidson dan Rohan Seth. Dua bulan setelah diluncurkan, Clubhouse hanya memiliki 1.500 pengguna. Namun, lantaran viral mendadak karena Elon Musk, aplikasi ini diiinginkan banyak orang. Per 1 Februari lalu, Clubhouse akhirnya memiliki 2 juta pengguna, wow!

Setelah memiliki banyak sumber pendanaan baru. Clubhouse kini telah bernilai USD 1 miliar, dan dianggap sebagai startup Unicorn menyusul AirBnb, Uber, dan SpaceX.

Undangan keanggotaan Clubhouse semakin diminati bahkan undangan tersebut dijual di platform seperti Reddit, eBay, dan Craiglist. Sementara di Tiongkok, undangan bisa dibeli di platform Alibaba dan Idle Fish.

Situs e-commerce Tiongkok lain seperti Xianyu dan Taobao juga menawarkan kesempatan penggemar Clubhouse yang berminat untuk membeli undangan. Kode undangannya dijual dengan harga antara 150 – 400 Yuan. (USD 20-60). Aplikasi ini menjadi populer di Tiongkok karena belum diblokir oleh Pemerintah negara tersebut. (*) 

 
Related Articles
Tech
Penggunaan VPN Meningkat Sejak TikTok Diisukan akan Diblokir

Tech
Tiongkok Lebih Pilih TikTok AS Ditutup daripada Dijual kepada Perusahaan AS

Tech
Clubhouse Rilis Fitur Baru, Bisa Kirim Uang buat Kreator dengan Beberapa Klik