Tech

Elon Musk Tawarkan Bangun Terowongan di Miami dengan Biaya Rendah dan Cepat

Mainmain.id

Posted on February 7th 2021

Elon Musk dan perusahaannya The Boring Company kembali menjadi perbincangan. Ini setelah Wali Kota Miami Francis Suarez menyebut Elon Musk menawarkan diri bisa membangun terowongan dua mil (3,2 km) di bawah kota dengan biaya rendah.

Sebelumnya, Miami memang punya rencana membangun terowongan di bawah kota untuk mengurai kemacetan. Namun proyek itu terlalu mahal, menelan biaya sekitar 1 miliar dolar AS. Nah, Elon Musk menawarkan bisa mengerjakan hanya 30 juta dolar AS lewat perusahaannya The Boring Company.

Tak hanya lebih murah, tapi pengerjaaan terowongan itu juga lebih cepat. Ia sanggup menyelesaikan hanya dalam waktu enam bulan. Padahal pada perencanaan sebelumnya, proyek itu paling cepat selesai emapat tahun. 

Wali Kota Miami Francis Suarez menyampaikan hal ini dalam sebuah video yang ia unggah di Twitter-nya. "Ia (Elon Musk) fokus mencoba memberikan proyek yang memiliki utilitas maksimum bagi penduduk Miami dengan dana yang lebih rendah,” kata Suarez.

Musk memang pernah berkicau di Twitternya pada 18 Januari lalu bahwa ia ingin membuat terowongan di bawah Miami. "Mobil dan truk yang terjebak kemacetan menghasilkan megaton gas beracun dan partikulat. Dan @boringcompany siap membangun jembatan di bawah Miami untuk menyelesaikan persoalan lalu lintas sekaligus menjadicontoh bagi dunia," tulisnya.

Saat itu Musk mengaku telah berbicara dengan Gubernur Florida, Ron DeSantis tentang ide tersebut. "Jika Gubernur dan Wali Kota ingin ini dilakukan, kami siap melakukannya,” ujarnya.

Sementara itu, Suarez menyebut ia akan berbicara lebih lanjut dengan Gubernur DeSantis dan wali kota daerah lain di sekitar Miami. "Saya pikir kami memiliki kesempatan unik untuk membuat signature project yang tidak hanya untuk Miami, tapi untuk dunia," katanya.

Kenapa selama ini anggaran pembuatan terowongan di bawah Miami mahal dan lama ternyata karena kondisi tanah. Miami berdiri di atas batu kapur.

Musk memulai The Boring Company pada 2016. Lewat perusahaan itu ia telah memulai beberapa proyek di seluruh Amerika Serikat. Elon Musk menggarap sektor infrastruktur jalan karena juga masih terkait dengan bisnis mobilnya, Tesla. Proyek terowongan komersial sendiri sudah dibangun di Los Angeles.

Kira-kira kapan ya Elon Musk dan The Boring Company punya proyek di Indonesia? Udah gak sabar nih menunggu tulisan di jalan, "Hati-hati perjalanan Anda terganggu proyek terowongan Elon Musk". (*) 

Related Articles
Tech
Lewat Update Firmware-nya, Tesla Bawa "Hadiah Natal" Suara Kentut

Tech
Tesla Bikin Smartwatch, Benarkah Berfungsi Juga Sebagai Kunci Mobil?

Tech
Kenalin Lucid Motors, Pesaing Tesla yang Dikembangkan Mantan Anak Buah Elon Musk