Current Issues

Vaksinasi Sudah Dimulai. Kira-Kira Kapan Pandemi Covid-19 Berakhir?

Dwiwa

Posted on February 7th 2021

Setelah hampir satu tahun berjibaku menghadapi pandemi, satu pertanyaan yang setiap hari selalu kita lontarkan adalah kapan pandemi ini akan berakhir. Sayangnya, hingga detik ini masih belum ada kepastian kapan itu akan terjadi.

Berbagai upaya pun sudah dilakukan agar pandemi ini bisa segera berakhir. Selain dengan terus menerapkan protokol kesehatan, sejumlah vaksin Covid-19 pun mulai digunakan untuk masyarakat luas.

Tetapi tampaknya, meski vaksinasi massal sudah mulai dilakukan di berbagai negara, berakhirnya pandemi ini secara global masih akan butuh waktu bertahun-tahun. Berdasarkan perhitungan dari data vaksinasi global yang dimiliki Bloomberg, setidaknya butuh waktu 7 tahun bagi dunia untuk bisa memenangi perang melawan Covid-19.

Hal itu bisa terjadi ketika herd immunity atau kekebalan kelompok sudah terbentuk, yakni ketika setidaknya 75 persen populasi di dunia sudah mendapatkan vaksinasi Covid-19. Meski begitu, jika dirunut per negara, tidak semuanya akan berakhir dalam waktu yang sama.

Menurut data tersebut, Israel dan Uni Emirat Arab akan menjadi negara yang paling cepat untuk memenuhi cakupan 75 persen vaksin dua dosis yang menjadi target. Herd immunity ini akan terbentuk hanya dalam waktu dua bulan.

Lalu kapan dengan Indonesia? Meski vaksinasi sudah dimulai sejak pertengahan Januari lalu, ternyata cakupan di Indonesia masih rendah. Berdasarkan data Bloomberg per 5 Februari, Indonesia hanya mampu melakukan vaksinasi sebanyak 64.187 dosis per hari.

Jika jumlah ini terus bertahan, maka Indonesia baru akan mendapatkan cakupan vaksinasi 75 persen populasi dalam waktu lebih dari 10 tahun. Tetapi tentu saja, prediksi ini tidak tetap dan akan terus berubah menyesuaikan dengan langkah yang dilakukan pihak berwenang terhadap progam vaksinasi Covid-19.

Jika jumlah dosis vaksin yang diberikan kepada masyarakat semakin banyak, ada kemungkinan herd immunity akan lebih cepat terbentuk. Apalagi, seiring berjalannya waktu semakin banyak jenis vaksin yang tersedia untuk digunakan.

Di sisi lain, pemerintah Indonesia telah menargetkan jika program vaksinasi ini akan dapat diselesaikan dalam kurun waktu 12 bulan. Target ini akan dicapai dengan melakukan inokulasi sekitar satu juta penduduk dalam waktu satu hari.

Sementara itu, berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan, dari total sasaran vaksinasi 181.554.465 penduduk Indonesia, sudah ada 1.593.620 yang mendapatkan suntikan vaksin Covid-19 terhitung pada Sabtu (6/2) pukul 14.00 WIB.

Terlepas dari kapanĀ herd immunity dari vaksin akan terbentuk, yang pasti adalah selalu menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. Selalu memakai masker, mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer, dan menjaga jarak wajib dilakukan. Ingat juga untuk menjauhi kerumunan dan memperhatikan ventilasi, durasi, dan jarak saat bertemu orang lain. (*)

Artikel Terkait
Current Issues
5 Alasan Mengapa Remaja yang Sehat Wajib Vaksin Covid-19

Current Issues
Data Vaksin Masih Belum Lengkap, Rencana Vaksinasi Massal Harus Ditunda

Current Issues
Pasokan Vaksin Dunia Terbatas, Negara-Negara Ini Pilih Bikin Vaksin Sendiri