Hobi

Ini Kata Tsugumi Ohba dan Takeshi Obata Soal Manga Terbaru Death Note

Ahmad Redho Nugraha

Posted on February 6th 2021

Banyak fans Takeshi Obata percaya jika manga Death Note layak mendapatkan spin-off lain. Meskipun karakter utamanya, Light Yagami sudah lama mati.

Demi menjawab keinginan tersebut, duo mangaka pembuat Death Note, Tsugumi Ohba dan Takeshi Obata pun sudah berkali-kali membuat cerita pendek atau oneshot manga Death Note, yang masih berlatar di Jepang. Dan, karakter perantara Ryuk, shinigami yang sengaja menjatuhkan Death Note kepada manusia yang terpilih.

Belakangan beredar kabar bahwa mereka akan kembali menerbitkan manga Death Note, kali ini dalam bentuk kumpulan cerita pendek alias antologi. Manga antologi tersebut rencananya akan dirilis pada Februari ini. Mendengar kabar ini, para fans tentu saja sudah tidak sabar untuk membacanya.

Ohba dan Obata berkesempatan memberikan komentar terkait karya terbaru mereka yang akan segera dirilis tersebut.

"Sudah lama sekali sejak serial ini (Death Note) berakhir, tapi sekarang Death Note akan kembali hadir dalam bentuk kumpulan cerita pendek. Kalian tentu tidak tahu apa yang akan terjadi," demikian komentar pendek dari Obata, ilustrator berbakat yang ada di balik apiknya gambar manga Death Note.

Lain halnya dengan Obata yang memberikan komentar lebih panjang. Tsugumi Ohba adalah pasangan duet Ohba di dunia manga selama lebih dari 15 tahun terakhir, di mana ia menulis cerita, sementara Obata mengerjakan ilustrasinya.

"Di saat seisi dunia sedang melawan virus korona terbaru, rasanya tidak layak jika aku menulis komentar konyol di sini. Saat ini, aku hanya berharap semuanya akan segera kembali normal secepatnya. Aku mohon maaf jika ada banyak konten lelucon di dalam manganya, karena gaya menulisku memang seperti itu. Kuharap kalian bisa mengerti jika kemampuan penulis sangat terbatas," tulis Ohba.

Komentar Ohba memang tidak memberikan petunjuk langsung tentang cerita manga tersebut. Tetapi dari gaya bahasanya, kita bisa memprediksi jika terdapat banyak lelucon di kumpulan cerita Death Note yang akan segera rilis. Dan duet Obata-Ohba mungkin mencoba mengeksplorasi sub-genre baru di dalam penulisan Death Note.

"Mungkin sebaiknya aku hanya menulis karya yang tidak membuatku merasa tidak percaya diri, tapi aku sendiri sudah sering merasa takut untuk dihakimi karena karyaku, bahkan sejak aku menulis esai di bangku SD," sambung Ohba. "Aku minta maaf untuk semuanya. Terima kasih karena sudah membaca."

Tahun lalu, Ohba dan Obata menghibur para penggemar Death Note dengan merilis manga oneshot Death Note yang bercerita tentang sosok pemegang death note baru, yaitu Minoru Tanaka.

Berbeda dengan Light Yagami yang menggunakan Death note untuk membunuh kriminal-kriminal dunia, Minoru justru melelang death note dengan harga fantastis, yang pada akhirnya menolong Jepang dari jurang deflasi. Minoru berhasil menjual death note kepada Presiden AS waktu itu, Donald Trump. Hal itu membuat orang-orang Jepang kaya mendadak lewat hasil penjualan death note kepada Trump.(*)

Related Articles
Hobi
Catat! Manga Antologi Terbaru 'Death Note' Terbit 4 Februari 2021

Hobi
Oktober 2021, 'Platinum End' Karya Mangaka 'Death Note' Bakal Jadi Anime

Hobi
7 Manga Ini Dikerjakan Komikus Populer, tapi Gagal di Pasaran. Kok Bisa?