Tech

Universal Music Group Cabut Semua Lagu dari Saingan TikTok, Triller

Wah, lagu-lagu hits jadi berkurang banyak dong?

Kezia Kevina Harmoko

Posted on February 6th 2021


(Foto: Unsplash/ Solen Feyissa)

Label musik Universal Music Group (UMG) menarik semua katalog musik mereka dari aplikasi saingan TikTok, Triller. Pihak UMG menganggap aplikasi tersebut tidak menghargai karya seniman mereka dengan menahan pembayaran yang harusnya diterima para artis. Triller juga disebut menolak bernegosiasi untuk memperpanjang lisensi.

Aplikasi video seperti Triller memang harus bekerja sama untuk menyediakan musik di platform mereka. Dari setiap musik yang dipakai pengguna, ada keuntungan yang didapat dan harus dibayarkan platform tersebut ke label musik. Kalau UMG menarik semua musiknya dari suatu aplikasi, maka musik tersebut bakal nggak bisa dipakai di aplikasi tersebut. Haknya dicabut gitu deh.

Dituduh menunggak pembayaran dan gak mau memperpanjang lisensi, Triller membantah. Dilansir dari Pitchfork, yang terjadi sebenarnya adalah kesepakatan dengan UMG sudah berakhir seminggu lalu. "Kami sudah bernegosiasi untuk memperbarui kesepakatan. Sebenarnya pembaruan itu hanya formalitas dan bentuk penghargaan untuk UMG sebagai salah satu pemegang saham Triller," ujar juru bicara platform tersebut.

Juru bicara dari Triller juga menyebut bahwa sebenarnya mereka bisa tetap beroperasi seperti biasa tanpa lisensi dari UMG. Ini karena artis di bawah label tersebut sudah menjadi pemegang saham atau partner langsung dari Triller. Jadi, bisa langsung berurusan ke yang punya karya tanpa perlu melalui UMG.

"Kami menolak disebut menahan pembayaran dengan artis manapun (kesepakatan kami baru kadaluarsa seminggu). Dan lagi, UMG memanfaatkan nama artis mereka sebagai alasan meraup pendapatan yang tidak masuk akal untuk mereka sendiri, bukan untuk artis mereka," ujar Triller balik menuduh UMG. Triller mengaku ereka sudah melakukan hal yang persis sama pada TikTok selama dua tahun dan ke jaringan sosial lain.

Kesepakatan antara UMG dan Triller berlangsung sejak Juni 2018. Dari kesepakatan itu, Triller mendapat hak untuk mengakses semua musik dari label tersebut. Mulai dari artis seperti Taylor Swift, Drake, Kanye West, dan sederet nama besar lainnya. Menjawab pernyataan Triller, pihak UMG mengatakan pada Music Bussiness Worldwide bahwa pernyataan tersebut tidak sesuai kenyataan.

Wah, buat para pengguna Triller, semoga tetap bisa berkreasi lancar seperti biasanya ya.(*)

Related Articles
Tech
TikTok Bisa Akses Semua Lagu Universal Music Group, Kebalikan dari Triller

Entertainment
Waduh! Bintang TikTok Charli D’Amelio Mulai Gabung ke Aplikasi Saingan, Triller

Tech
TikTok Resmi Diblokir AS, Pengguna Nggak Tertarik Beralih ke Aplikasi Lain