Tech

Apple Patenkan Solusi untuk Charger yang Gampang Terkelupas. Seperti Apa Sih?

Ahmad Redho Nugraha

Posted on February 5th 2021

Beberapa jenis ponsel memiliki kabel charger yang relatif gampang rusak, terutama pada sambungan antara kabel dan colokan. Lapisan karet yang menyelubungi bagian tersebut biasanya terkelupas jika terlalu sering ditekuk saat mengisi daya baterai ponsel. Membeli charger baru bukan hanya menyebalkan, tetapi juga merepotkan, karena tidak semua jenis ponsel pintar memiliki kabel charger yang sama.

Perusahaan gawai Apple sepertinya memiliki solusi bagi masalah tersebut, karena mereka pernah mematenkan teknologi charger yang mereka sebut memiliki ketebalan lapisan berbeda-beda.

"Semua orang tahu jika lekukan kabel di dekat bagian colokan dapat meregang tanpa diinginkan seiring dengan waktu, dan hal tersebut dapat berujung kerusakan kabel. Biasanya hal ini dapat diatasi dengan mempertebal bagian ujung kabel tersebut," demikian tulis Apple dalam berkas pengajuan paten mereka yang dibeberkan oleh Apple Insider.

Meski demikian, Apple juga mengetahui jika banyak pengguna ponsel yang tidak menginginkan kabel yang bagian ujungnya lebih tebal, kemungkinan karena kabel charger menjadi tidak bisa ditekuk sehingga kurang efisien. Oleh karena itu, Apple mencoba pendekatan yang lain.

Alih-alih menebalkan bagian ujung kabel, Apple mencoba menebalkan seluruh permukaan lapisan kabel. Dan menurut Apple, mereka mengaplikasikan penebalan tersebut hanya pada permukaan-permukaan tertentu kabel sesuai dengan bagian longitudinalnya.

Dengan kata lain, kabel buatan Apple ini akan memiliki sebagian permukaan yang kaku dan keras, sementara permukaan lainnya lentur. Apple mengklaim jika model kabel tersebut dapat mencegah pengelupasan kabel dengan lebih efisien.

Tidak semua ide yang dipatenkan Apple akan dieksekusi, sehingga tidak ada jaminan jika ide pembuatan kabel charger ini akan benar-benar direalisasikan pada produk-produk Apple di masa mendatang. Apple bahkan sama sekali tidak menyebut-nyebut soal kabel charger Lightning mereka di dalam berkas paten tersebut.

Namun tentu saja, inovasi Apple tersebut akan sangat membantu para pengguna Apple di seluruh dunia dalam menghemat biaya seandainya charger mereka rusak, mengingat kabel charger Lightning Apple yang baru dijual dengan harga USD19 (sekitar Rp 267 ribu). (*)

 

Related Articles
Tech
Bakal Rilis iPhone 13, Apple Gelar Event 14 September Mendatang

Tech
Tak Sertakan Charger di iPhone 12, Pelajar Tiongkok Tuntut Apple

Tech
Memori Ponsel Penuh? 4 Coba Trik Sederhana Ini Sebelum Memutuskan Beli Baru