Esports

Maintenance Server, Update OB26 Beres

Dika Afandi N

Posted on February 4th 2021

PEMAIN Free Fire mengalami masalah sepanjang Kamis (4/2). Mereka tak bisa login dan memainkan game. Penyebabnya, game besutan Garena itu sedang melakukan maintenance server. Hal tersebut dilakukan karena Free Fire sedang melakukan update patch OB26. 

Namun, anehnya, kabar itu tidak disampaikan jauh hari. Tapi tiba-tiba pemain tidak bisa login. Dan, informasi terkait masalah tersebut baru disampaikan Garena melalui official mereka di Instagram pada hari yang sama, Kamis. ”Mohon bersabar ketika proses maintenance berlangsung hingga selesai agar proses update bisa dijalankan secara maksimal. Dimohon untuk tidak melakukan login hingga proses maintenance selesai ya, Survivors!” tulis akun Instagram Garena Free Fire Indonesia.

Maintenance server dilakukan mulai pukul 11.00 WIB. Sempat muncul kekhawatiran dari para gamer lantaran tidak disebutkan kapan maintenance selesai. Namun, menjelang malam, proses itu sudah selesai. Game sudah bisa digunakan lagi. Begitu login, pemain diarahkan untuk memperbarui game mereka lewat Google Play. Dalam update di Google Play itu, ponsel akan menyedot data hingga 390 MB.

Sebagaimana diketahui, dalam update patch OB26, Free Fire (FF) menghadirkan sejumlah fitur baru. Termasuk karakter baru bernama Skyler. Karakter itu merupakan hasil adaptasi dari penyanyi asal Vietnam bernama Son Tung M-TP. Free Fire memang melakukan kolaborasi dengan penyanyi asal Vietnam tersebut. Kolaborasi juga diwujudkan dengan munculnya soundtrack terbaru untuk Free Fire.

Dalam deskripsinya di Google Play, dalam update baru itu, FF menghadirkan Clash Squad Season 5. Mereka juga melakukan pembaruan di mode klasik (battle royal). War Chest untuk looting sudah tersedia. Sementara itu, training ground juga diperbarui. Di sana item baru ditambahkan, seperti Fancy Hammer, Giant Dice, dan dilakukan pula penyesuaian pada peta dan zona.

Senjata baru MAG-7 turut dihadirkan di update kali ini. Sistem Dynamic Duo juga tersedia. Fitur itu membuat player bisa memainkan game hanya dengan dua orang. Penambahan sistem revival kepada game membuat para player bisa hidup kembali, asalkan teman atau rekan setim menuntaskan misi yang diberikan. Sistem tersebut hampir sama dengan yang ada di Call of Duty: Mobile.

Free Fire juga meluncurkan fitur Free Look dalam patch OB26. Fitur itu menjawab masalah para pemain selama ini. Yakni, para pemain selama ini saat berlari kesulitan untuk melihat ke area sekeliling. Sebab, mereka juga harus memindahkan arah kamera di mana karakter tersebut berlari mengikuti kamera.

Menurut para pemain, itu mengurangi fleksibilitas dan mobilitas mereka. Para pemain jadi membutuhkan durasi lebih lama untuk kabur dari tembakan musuh. Nah, dengan fitur Free Look, para pemain tak perlu lagi berganti arah saat berlari agar bisa melihat sekitarnya.

Dengan menggunakan fitur Free Look, pemain hanya perlu menggerakkan tombol bergambar mata yang tersedia di bagian kanan atas layar. Ketika tombol itu digeser, arah kamera akan bergerak dan karakter tidak akan mengikuti arah kamera.(*)

Related Articles
Esports
Karakter Baru, Senjata, dan Fitur Free Look Hadir di Patch OB26 Free Fire

Esports
FF Hadirkan Event Prize Treasury, Bundle Golden Sunrise Jadi Hadiah Utama

Esports
Event Baru Dragon Gate, Segera Mainkan dan Dapatkan Bundle Skull Punker