Current Issues

Pakai Mask Fitter dan Masker Ganda Bisa Lebih Efektif Cegah Penyebaran Droplet

Dwiwa

Posted on February 4th 2021

 

Masker telah menjadi bagian dari keseharian selama satu tahun terakhir. Dan dengan penyebaran Covid-19 yang sama sekali belum melandai, tampaknya masker masih akan menjadi salah satu senjata penting dalam pertempuran melawan Covid-19.

Masker telah diketahui mampu memberikan perlindungan pengguna dan orang di sekitarnya dari droplet yang keluar saat seseorang batuk, bersin, atau sekedar berbicara. Bukan hanya masker N95 atau masker medis, tetapi juga masker kain yang banyak digunakan oleh masyarakat umum.

Tetapi tentu saja, efektivitas dari masker kain ini tidak sebesar masker medis atau N95. Tetapi tidak perlu khawatir, ada trik yang bisa kalian coba untuk membuat masker kain ini jadi lebih efektif dalam mencegah Covid-19.

Dilansir dari Eat This, Not That!, Kepala Medis dari Respon Covid-19 CDC dr John Brooks dalam briefing media dengan Infectious Disease Society of America mengungkapkan sebuah trik sederhana yang dapat secara signifikan mencegah penyebaran virus.

Dr Brook mengungkapkan bahwa mask fitter terbukti secara ilmiah sama efisiennya dalam perlindungan virus seperti respirator N95. Mask fitter merupakan aksesoris kecil yang bisa menahan masker kain atau medis di tempatnya. Saat ini mask fitter bisa dibeli atau dipesan online.

"Fitter telah dibuktikan secara ilmiah untuk meningkatkan kinerja filtrasi sebanyak 90 persen atau lebih," ujarnya.

Menurut dr Brook, penggunaan masker ganda dengan cara melapisi masker di atas masker juga bisa sama efektifnya.

"Memakai masker ganda baru-baru ini telah diusulkan sebagai salah satu cara meningkatkan efisiensi penyaringan masker medis atau kain," ujarnya. Cara itu dapat menghalangi lebih dari 90 persen atau lebih droplet dan partikel lain.

Meski begitu, ia menyebut bahwa CDC masih belum mendukung penggunaan masker ganda. Dia pun tidak merekomendasikan atau menentang penggunaan masker ganda karena berusaha memberikan lebih banyak pilihan yang tersedia.

Tetapi pada akhirnya, masker apapun selalu lebih baik dibanding tidak memakai sama sekali. “Terlepas dari apa yang kita gunakan, sangat penting untuk semakin banyak dari kita memakai masker,” ujarnya.(*)

Related Articles
Current Issues
Varian Virus Corona B117 Sudah di Indonesia, Bagaimana Agar Tidak Tertular?

Current Issues
Stop Sekarang! Ini Kebiasaan Buruk Pakai Masker yang Sering Tidak Disadari

Current Issues
Pastikan 7 Hal Ini Saat Kalian Akan Kembali ke Sekolah