Tech

Upgrade Sistem Keamanan, Tesla Ganti Fitur Keyless dengan UWB

Ahmad Redho Nugraha

Posted on February 4th 2021

Tesla sepertinya belum merasa puas dengan teknologi keyless yang mereka tanamkan pada setiap unit mobil buatan mereka. Produsen kendaraan listrik nomor satu dunia itu kini sedang mengembangkan teknologi ultra-wideband (UWB). Dengan teknologi itu, Tesla ingin pengguna dapat menemukan mobil mereka dengan mudah di parkiran yang ramai sekalipun.

UWB bekerja dengan cara yang serupa seperti bluetooth dan wi-fi. Hanya saja akurasi pancaran sinyalnya lebih akurat. Tesla sendiri sudah memperkenalkan teknologi keyless mereka ke publik sejak 2017 lalu. Teknologi ini diklaim dapat membantu para pemiliki mobil dalam mendeteksi keberadaan mobil mereka, dan mencegah aksi pencurian mobil.

Kini, teknologi UWB dapat membuat para pengendara menemukan maupun membuka kunci mereka hanya melalui ponsel, yang bahkan tak perlu dikeluarkan dari kantong sama sekali. UWB memancarkan sinyal radio yang menghubungkan kedua perangkat di mobil dan ponsel.

Menurut database Federal Communication Commision, teknologi UWB memberi petunjuk kepada penggunanya tentang jarak lokasi parkir mobil dari tempatnya berada. "Kegunaan utama dari UWB adalah untuk memberitahukan estimasi jarak, dan berfungsi sebagai penunjuk jarak yang akurat di antara pengirim dan penerima (sinyal radio)," demikian bunyi database FCC tentang UWB.

Kemampuan melacak letak mobil dengan UWB juga dapat mencegah pencurian dengan lebih baik. Sebab, teknologi keyless yang sebelumnya dimiliki Tesla ternyata dapat dikelabui dengan lebih gampang menggunakan sinyal palsu. Sementara itu, UWB beroperasi dalam frekuensi yang lebih tinggi dan lebih akurat. Selain itu, UWB juga dinilai menggunakan lebih sedikit daya dibanding bluetooth dan wi-fi.

Pada September tahun lalu, Tesla mendaftarkan sebanyak 6 produk terbaru ke FCC. Dan, dua di antaranya berhubungan dengan UWB. Tesla sendiri bukan satu-satunya produsen mobil di dunia yang menggunakan teknologi keyless dan tengah mengembangkan teknologi UWB. Pada Januari lalu, BMW juga mengumumkan jika mereka berencana meng-update kunci digital mereka ke versi baru dengan teknologi UWB yang lebih aman.(*)

Related Articles
Tech
Lewat Update Firmware-nya, Tesla Bawa "Hadiah Natal" Suara Kentut

Tech
Karet Sudah Kuno, Tesla Bakal Pakai Sinar Laser untuk Wiper Kaca Depan

Tech
Masuki Pasar Mobil Elektrik, GM akan Rilis GMC Hummer. Begini Tampilan Awalnya!