Tech

Instagram Uji Coba Story Vertikal, Bukan Klik Lagi tapi Swipe Persis TikTok

Kezia Kevina Harmoko

Posted on February 4th 2021


(Mengandung gambar dari Twitter @alex193a)

Intagram terpergok lagi mencoba semakin mirip kayak TikTok nih. Baru-baru ini, media sosial satu ini mencoba fitur Vertical Stories, seperti yang dikabarkan TechCrunch. Biasanya kan kalau lihat InstaStory kita klik secara horizontal, ke kiri atau kanan. Nah kalau vertikal, kita swipe ke atas atau ke bawah untuk melihat story lainnya.

Yup, memang mirip banget sama bentuk video TikTok. Uji coba ini pertama kali ditemukan oleh pengguna Twitter bernama Alessandro Paluzzi. Sebenarnya TikTok KW buatan Instagram, Reels, juga sudah punya cara swipe yang serupa. Sekarang story sepertinya juga mau dibuat sama.

Cara swipe secara vertikal memang sudah banyak dipakai media sosial. Scroll feeds Instagram juga ke atas dan bawah. Video YouTube dan timeline Facebook juga sama. Tapi, karena format story lebih mirip video TikTok, jadi kesannya meniru format aplikasi tersebut deh.

Perubahan format story ini masih tahap awal banget. Perwakilan dari Instagram mengonfirmasi ke TechCrunch kalau memang ada tahap pembangunan untuk fitur baru ini, namun belum diluncurkan ke publik untuk saat ini. Vertical Stories memang terlihat… menarik, tapi belum tentu akan benar-benar diluncurkan global. Yang jelas, fitur ini menandakan kalau Instagram sepertinya lagi mencoba semakin mirip dengan TikTok.

Instagram sendiri punya banyak banget format yang berbeda dalam satu aplikasi. InstaStory diklik secara horizontal. Feeds dan Reels di-scroll vertikal. IGTV? Beda sendiri. Bisa jadi Vertical Stories jadi langkah awal penyatuan semua format konten Instagram yang beragam.

Dalam sebuah Podcast milik The Verge, CEO Instagram, Adam Mosseri menyebut kalau di tahun 2020 perusahaannya “mengambil banyak taruhan“ dan di 2021 akan ”meluncurkan beberapa komitmen dan menyederhanakan pengalaman“. Mungkin salah satu penyederhanaan yang dimaksud adalah Vertical Stories itu tadi.

Di luar itu, Instagram baru aja merilis fitur Recently Deleted, sebuah folder khusus untuk menampung unggahan yang kita hapus. Nggak perlu takut lagi deh nggak sengaja hapus post estetik (*)

Related Articles
Tech
Instagram Putuskan Fokus ke Konten Video, Bukan Lagi Media Sharing Foto

Tech
Instagram Uji Coba Fitur Stiker Auto-Caption di Story, Ubah Audio Jadi Subtitle

Tech
Instagram Uji Coba Tampilan Baru Story di Desktop, Mempermudah yang Suka Kepo