Esports

THE END OF A NEW BEGINNING Ternyata Berujung Perpisahan "Jamesss" dan RRQ Hoshi

Dika Afandi N

Posted on February 3rd 2021

Bursa perpindahan pemain dan pelatih esports Indonesia di awal tahun ini cukup ramai. Kali ini kabar datang dari RRQ Hoshi. Pelatih mereka "Jamesss" memutuskan hengkang. 

Kabar tersebut sebenarnya diumumkan oleh tim RRQ Hoshi di akun YouTube sejak 31 Januari lalu. Namun, video berjudul "THE END OF A NEW BEGINNING" tersebut dibagi menjadi 3 part. Dan, part terakhir baru saja diunggah, Selasa (2/2). Di part terakhir itulah terungkap kepergiaan sang pelatih.

"Jamesss" sendiri bergabung dengan RRQ Hoshi sejak ia berstatus professional player, bersama "Lemon" dkk. Lalu ia dipercaya menjadi juru taktik dari RRQ Hoshi sejak Mobile Legends Professional League (MPL) Indonesia Season 5. Ia menggantikan "Acil". Debutnya sebagai pelatih termasuk cemerlang. Sebab ia langsung membawa RRQ Hoshi menjadi juara di MPL Indonesia Season 5.

Kegemilangnnya sebagai pelatih RRQ Hoshi terus berlanjut hingga berhasil membawa tim berlogo mahkota itu menjuarai MPL Indonesia Season 6, setelah mengalahkan tim kuat Alter Ego di partai puncak. Di tangan "Jamesss" RRQ Hoshi jadi tim yang solid. Maklum saja, ia sangat mengenal tim ini sejak menjadi pemain. Ia mungkin sangat mudah mencairkan suasana di tim tersebut. Sebuah hal yang biasa menjadi masalah di tim lain.

Sebenarnya mundurnya pelatih berdarah Taiwan tersebut diketahui usai gelaran Mobile Legends World Championship (M2) 2021 di Singapura, pekan lalu. "Saya sudah memberikan surat pengunduran diri ke bos. Bukan karena saya tak mau jadi pelatih kalian lagi. Saya rasa saya sudah mengerjakan pekerjaan ini dan memberikan yang terbaik," terangnya saat di interview di video tim RRQ Hoshi.

Ia juga mengungkapkan rasa terima kasih kepada pemain dan manajemen selama ia berada di RRQ Hoshi. Ia sangat mengapresiasi para pemain yang telah bekerja sama dengannya selama menjadi pelatih RRQ Hoshi.

"Jamesss" merasa tahun 2020 merupakan tahun yang sangat sempurna baginya. Sebab pelatih asal Singapura tersebut berhasil membawa trofi paling bergengsi di gelaran Mobile Legends Indonesia, yakni MPL Indonesia Season 5 dan MPL Season 6.

Kepergian "Jamesss" pun santer dihubung-hubungkan dengan "Acil" yang kini ia telah hengkang dari Genflix Aerowolf. "Acil" sendiri merupakan mantan pelatih dari "RRQ Hoshi" sebeluma "Jamesss". Kini "Acil" sedang menganggur dan belum ada satu pun tim yang meminangnya. Tak heran bila ia digadang-gadang akan menggantikan "Jamesss".(*)

Related Articles
Esports
Jalan Terjal Menanti Alter Ego di Pekan Keempat MPL ID Season 7

Esports
4 Pemain Veteran yang Kembali di ML ID Season 8

Esports
Umumkan Roster untuk MPL ID Season7, RRQ Hoshi Tanpa "Xinnn"