Hobi

Inilah Manga Bergenre Seinen yang Tidak Ada Matinya. Mana Favoritmu?

Ahmad Redho Nugraha

Posted on February 2nd 2021

Di Indonesia, kategori manga seinen lebih dikenal dengan istilah komik dewasa. Manga-manga berkategori seinen biasanya diterbitkan di Indonesia di bawah label Level Comics, dan citra komik ini cenderung melekat dengan nuansa kelam, gambar yang vulgar dan alur cerita yang rumit.

Manga seinen biasanya ditujukan untuk pembaca dengan segmentasi usia dewasa karena ceritanya yang lebih dewasa dan tema yang mungkin terlalu kompleks untuk pembaca anak-anak. Meski demikian, manga seinen juga dapat mencakup berbagai jenis genre, umumnya fantasi, fiksi ilmiah dan bahkan romance.

Ada beberapa manga seinen yang tetap populer sepanjang masa karena kesuksesan komersialnya, bahkan beberapa sampai mendapatkan penghargaan dan adaptasi beberapa kali ke media lain. Mainmain.id kali ini merangkum 5 di antaranya untuk kamu!

1. Lone Wolf And Cub

Lone Wolf and Cub adalah salah satu manga seinen klasik paling fenomenal, meskipun manga ini diterbitkan pada tahun 1970 hingga 1976. Manga ini bercerita tentang seorang eksekusioner shogun yang terpaksa menjadi pembunuh bayaran. Dia merencanakan pembalasan dendam brutal, dan satu-satunya rekannya adalah anak laki-lakinya yang masih berusia 3 tahun.

Lone Wold and Cub pernah diadaptasi menjadi serial film sepanjang enam episode, dan konon menjadi sumber inspirasi bagi serial The Mandalorian.

 

2. Akira

Akira tidak bisa tidak dimasukkan ke dalam daftar ini. Akira pernah didapatasi menjadi game, anime dan film live action. Baik manga dan animenya digarap oleh Katsuhiro Otomo.

Akira bercerita tentang kehidupan antar kelas di dunia masa depan, fanatisme beragama dan pemberontakan anak muda terhadap sistem yang mengontrol dunia. Akira merupakan salah satu anime paling awal yang  bergenre cyberpunk, dan terus menginspirasi banyak cerita manga dan anime yang muncul bertahun-tahun setelahnya.

 

3. Berserk

Berserk karangan Kentaro Miura mungkin adalah salah satu manga hiatus yang paling dinantikan comeback-nya oleh para pembacanya. Berbeda dengan manga lain di atas, Berserk mengusung tema fantasi dengan monster, ksatria dan iblis.

Manga ini bercerita tentang Guts, seorang laki-laki bertubuh besar yang sangat ingin membunuh Griffith seorang teman yang mengkhianatinya. Manga ini bagus bukan hanya karena artwork-nya, tetapi juga karena pengembangan karakternya yang brilian, dimana Miura mampu menampilkan sisi terkejam karakternya, namun juga tetap mempertahankan sisi manusiawi dari karakter utamanya.

 

4. Ghost In The Shell

Ghost in the Shell adalah karya seinen fenomenal lain yang bergenre cyberpunk. Manga ini bercerita tentang dunia futuristik dan karakter cyborg Motoko Kusanagi sebagai karakter utamanya. Ide manga ini kemudian disempurnakan oleh Mamoru Oshii, kemudian diadaptasi ke dalam bentuk film. 

Ghost in the Shell kerap dibuat ulang setiap beberapa tahun sekali dan menjadi salah satu manga terbaik bergenre fiksi ilmiah yang pernah ada berkat ceritanya yang membahas kondisi manusia, karakter yang sulit dilupakan dan visual yang mencengangkan.

 

5. Initial D

Siapa yang mengira jika Initial D merupakan manga seinen? Manga yang diadaptasi ke dalam film dengan judul yang sama ini bukan hanya menceritakan olahraga balap mobil, tapi lebih dari itu, mengekspos dunia balap liar di Jepang.

Karakter utama dalam cerita ini, Takumi Fujiwara, adalah seorang anak penjual tahu yang tanpa sadar melatih bakat berkendaranya selama bertahun-tahun dengan mengantarkan tahu menggunakan mobil melewati jalanan pegunungan yang berliku-liku.

Initial D telah lebih awal memperkenalkan konsep balapan mobil jauh sebelum adanya film aksi balapan seperti The Fast and the Furious. (*)

 

Related Articles
Hobi
Sega akan Rilis Mesin Dingdong Game Initial D Juli Ini

Hobi
Sambut Ultah ke-25, Rurouni Kenshin Gelar Pameran Manga Hingga Juni 2021

Hobi
Selama Pandemi Pembajakan Manga Meningkat, Kerugiannya Tembus Rp 5,57 Triliun