Tech

Elon Musk: Monyet Bisa Bermain Game dengan Bantuan Neuralink

Ahmad Redho Nugraha

Posted on February 2nd 2021

Ada-ada saja inovasi Elon Musk dan perusahaan teknologinya, Neuralink. Setelah sebelumnya Musk mengklaim teknologi chip Neuralink buatannya dapat menghubungkan otak manusia dengan komputer, kini dia mengatakan jika seekor monyet dapat memainkan game dengan bantuan Neuralink.

"Saat ini kami memiliki seekor monyet dengan chip dan kabel kecil yang tertanam di tengkoraknya, dan monyet ini dapat bermain game lewat pikirannya," demikian tutur Musk dalam wawancaranya di Good Time Show via aplikasi Clubhouse, Minggu (31/1) malam lalu.

"Saat ini kami sedang memikirkan caranya membuat monyet ini bermain "Pong" dengan monyet lain. Jika bisa, itu akan sangat keren," timpal Musk.

Neuralink sebelumnya telah melakukan ujicoba pada hewan selama bertahun-tahun. Pada sebuah video yang dirilis tahun lalu, Neuralink mendemonstrasikan hasil kerja mereka pada seekor babi bernama Gertrude.

Dalam video tersebut, Neuralink menunjukkan kemampuan mereka dalam merekam dan memprediksi aksi Gestrude melalui chip yang ditanam di dalam otaknya.

Berbeda dengan Gestrude, Musk mengatakan jika pada monyet yang diujicobanya sekarang, chip yang digunakan adalah chip nirkabel yang dapat mengontrol interface elektronik melalui pikirannya.

"Dia tidak tampak gelisah, dan tidak tampak aneh. Dan kalian bahkan tidak bisa melihat dimana chip syaraf tersebut tertanam," terang Musk.

Penggunaan perangkat nirkabel tersebut dapat menghilangkan potensi infeksi di bagian dalam otak akibat kontak fisik dengan kabel elektronik.

Andrew Jackson, seorang profesor neurosains dari Universitas Newcastle mengatakan jika penggunaan teknologi nirkabel dapat membantu keselamatan hewan yang menjadi kelinci percobaan.

"Jika eksperimen (pada hewan) dapat dilakukan tanpa menggunakan kabel yang menembus kulit, maka itu akan membantu peningkatan kesejahteraan hewan," terang Jackson.

Musk sebelumnya mengatakan jika Neuralink yang dikembangkannya akan dapat membantu teknologi medis di masa depan, terutama yang berhubungan dengan penanganan penyakit syaraf dan penyakit mental. (*)

Related Articles
Tech
Neuralink Kembangkan Robot Bedah Otak, Langkah Awal "Menghadapi" Dominasi AI

Tech
Epic Games: Pemain Fortnite Menurun 60% Pasca Game-nya Dihapus dari App Store

Hobi
Nintendo Switch akan Hadirkan 'Moon', Game Lawas Keluaran 1997