Hobi

Tembus 3 Juta Views, M2 2021 Kalahkan The International 2019

Dika Afandi N

Posted on February 3rd 2021

Mobile Legends World Championship (M2) 2021 kini mencatat torehan dalam hal penonton. M2 2021 berhasil mengumpulkan lebih banyak penonton dari turnamen paling bergengsi di DOTA 2 yakni The International 2019.

Sebenarnya tak mengherankan bila Mobile Legends memiliki torehan penonton banyak. Sebab game yang dibuat oleh Moonton tersebut memiliki banyak penggemar khususnya di Asia Tenggara. Memiliki penggemar di negara-negara dengan jumlah penduduk besar.

Menurut Esports Charts, Mobile Legends: Bang Bang (MLBB) merupakan salah satu game mobile populer di dunia. Hal ini terbukti saat laga grand final M2 2021 lalu. Saat Bren Esports (Filipina) melawan Burmese Ghouls (Myanmar). Ketika itu pertandingan yang disiarkan secara streaming ditonton 3 juta views.

Laga puncak M2 2021 tersebut meraih posisi kedua di Esports Charts. Berada di bawah turnamen resmi League of Legends (Lo) 2020 World Championship, yang mencatatkan 3,8 juta views. Sementara itu di posisi ketiga ada The International 2019, turnamen resmi DOTA 2 yang berhasil ditonton 1,9 juta views.

Menariknya, dari total view keseluruhan pada M2 World Championship 2020, gamers tanah air paling mendominasi. Total ada 21,3 jam penonton yang menyaksikan pertandingan dalam bahasa Indonesia. Angka itu setara 50,1 persen dari total durasi tontonan di M2, yakni 42,7 jam.

Jumlah penonton berbahasa Indonesia itu tertinggi dibanding yang menggunakan bahasa Inggris, Filipina, Malaysia, Myanmar dan bahasa lainnya.

Laga yang paling banyak disaksikan di M2 kemarin juga rata-rata melibatkan tim Indonesia. Misalnya laga RRQ Hoshi (Indonesia) melawan Omega Esports (Filipina). Pertandingan itu disaksikan 2,1 juta views. Dan, rekor itu pecah ketika RRQ Hoshi menghadapi Burmese Ghouls (Myanmar). Pertandingan itu mencatatkan 2,2 juta views.

Rekor itu pecah lagi ketika RRQ Hoshi menghadapi wakil Filipina yang akhirnya bisa menjadi juara, Bren Esports. Laga di final lower bracket itu disaksikan sebanyak 2,6 juta views. RRQ Hoshi sendiri memegang rekor sebagai tim dengan rata-rata jumlah view terbanyak selama gelaran M2, yakni 1,1 juta view. Mereka berhasil mengalahkan Burmese Ghouls (1,076 juta view) dan Bren Esports (1,045 juta view).(*)

 

Artikel Terkait
Esports
Hasil Playoff M2 2021: Harapan Tertinggal di Langkah Terjal RRQ Hoshi

Esports
Global Power Ranking Tim MLBB Versi Mainmain

Esports
Tampil Trengginas di M2, "KarlTzy" Dinobatkan Jadi MVP