Tech

SpaceX Siap Luncurkan Inspiration4, Misi Luar Angkasa dengan Penumpang Sipil

Jingga Irawan

Posted on February 2nd 2021

SpaceX

SpaceX umumkan misi luar angkasa yang kru penerbangannya berasal dari warga sipil atau non-astronot, pada Senin (1/2). Tentu saja, ini akan menjadi sejarah baru bagi industri penerbangan luar angkasa dan wisata antariksa. Rencananya misi ini direalisasikan akhir 2021.

Misi yang diberi nama Inspiration4 -angka 4 merupakan jumlah kru- itu akan menggunakan pesawat ruang angkasa Dragon milik SpaceX dan Rocket Falcon 9. Peluncurannya juga bekerja sama dan memiliki persetujuan dari NASA. Rencananya, misi itu dipimpin oleh CEO Shift4 Payments, sekaligus miliader muda, Jared Isaacman. Ia akan membawa tiga anggota lainnya yang akan dipilih dan juga disponsori.

Satu kursi disumbangkan kepada duta St Jude Children's Research Hospital dan satu kursi lainnya untuk masyarakat yang mendapat kesempatan mengikuti perjalanan. Namun, Isaacman belum mengungkapkan identitas mereka. Ia hanya memberikan clue, bakal ada petugas medis garis depan yang membantu anak-anak melawan kanker masuk dalam misi.

Kursi keempat disediakan untuk pemenang kontes yang diadakan oleh platform Shift4 Shop. Pelanggan yang memenuhi syarat wajib meluncurkan toko online di platform tersebut. Kemudian, mereka harus menceritakan kisah kewirausahaan yang mereka jalani. Nantinya, proses tersebut akan dinilai oleh para dewan juri.

CEO SpaceX Elon Musk, yang sebelumnya telah menyatakan minat untuk bergabung dengan misi SpaceX, mengatakan dalam jumpa pers bahwa dia nggak akan ikut dalam misi Inspiration4. "Aku akan terbang suatu hari nanti, tapi tidak untuk kali ini," katanya.

Penerbangan itu sendiri akan lepas landas dari Kennedy Space Center di Florida, dan selanjutnya mengelilingi Bumi dalam beberapa orbit (kira-kira satu setiap 90 menit). Setelah itu, pesawat ruang angkasa bakal dibiarkan melayang selama beberapa hari (2-4 hari lebih disarankan). Kemudian, masuk kembali ke atmosfer Bumi dan melakukan pendaratan di air di wilayah Samudra Atlantik.

Jared Isaacman

Isaacman dianggap sebagai orang paling tepat untuk menjalankan misi ini oleh Musk. Ia memulai bisnis Shift4 Payments saat berusia 16 tahun, yang sekarang telah memproses lebih dari USD 200 miliar transaksi pertahun.

Ia juga pernah menciptakan dan memimpin sebuah angkatan udara swasta, yang kemudian dijual kepada Blackstone, sebuah kontraktor militer swasta global, yang mana perusahaan ini melatih pilot untuk Angkatan Udara AS. Sementara, Isaacman sendiri adalah seorang pilot terlatih bersertifikat untuk pesawat komersial dan militer. (*)

Artikel Terkait
Tech
Sukses Luncurkan Inspiration4, SpaceX Kirim Warga Sipil ke Ruang Angkasa

Interest
Kru Lengkap! Inspiration 4 Siap Jalankan Misi Luar Angkasa Berpenumpang Sipil

Tech
Kalahkan Blue Origin, SpaceX Menangkan Kontrak NASA Untuk Misi Artemis ke Bulan