Tech

Spotify Akhirnya Bisa Dipakai Warga Korea Selatan

Kezia Kevina Harmoko

Posted on February 2nd 2021


(Shuttershock)

Percaya atau nggak, Korea Selatan dengan industri musiknya yang sukses banget ternyata gak bisa menggunakan Spotify lho selama ini. Platform streaming terkendala masalah lisensi selama bertahun-tahun, sampai akhirnya Senin (1/2) lalu akhirnya Spotify resmi diluncurkan di negeri para oppa dan eonnie tersebut.

Kabar akan diluncurkannya Spotify ini sudah beredar sejak Februari 2020 lalu. Dengan berhasilnya Spotify masuk ke Korea Selatan, pasar aplikasi satu ini kian besar dengan lebih dari 90 negara selama dua tahun belakangan. Negara seperti Rusia, India, dan Timur Tengah juga baru bergabung dalam sederet negara tersebut.

Korea Selatan dengan industri K-Pop yang sangat sukses tentunya bakal menyukseskan Spotify. Negara tersebut menempati posisi keenam negara dengan industri musik terbesar sedunia.

Tapi, aplikasi asal Swedia ini harus bersaing dengan platform lokal yang sudah lama mendominasi pasar layanan berbayar. Aplikasi Melon dan Genie menjadi layanan streaming terbesar di sana, belum lagi adanya FLO, Soribada, Bugs, Vibe, dan tentunya Apple Music. Jangan lupakan YouTube juga yang populer banget. Banyak kan kompetitornya?

"Kami ingin berada di mana para artis dan para pendengar berada dan Korea Selatan kaya di keduanya," ujar Alex Norström, kepala bisnis Freemium Spotify dilansir dari web resmi platform tersebut.

"Peluncuran ini membawa peluang besar bukan hanya untuk membawa konten baru dan berkualitas ke lebih banyak pengguna, namun juga membantu artis lokal Korea untuk didengar lebih dari 320 juta pengguna Spotify. Kami berharap bisa membuka peluang lebih banyak untuk para artis Korea dari berbagai genre untuk bisa ditemukan pendengar dari seluruh dunia," lanjutnya.

Tepat di hari peluncuran Spotify di Korea Selatan, pengguna dari negara tersebut dimanjakan dengan sederet playlist eksklusif. Playlist yang hanya tersedia untuk negeri ginseng tersebut dikurasi oleh para ahli musik Korea dari berbagai genre populer.

Buat menarik pengguna, Spotify menggratiskan premium selama tujuh hari untuk masa percobaan, tanpa perlu memasukkan nomor kartu kredit. Kalau mau premium selama tiga bulan, harus mengisi data nomor kartu kredit. Pengguna bisa langsung unduh aplikasinya di perangkat Android atau iOS atau mengunjungi spotify.com/kr-ko/.

Di luar itu, Spotify mematenkan sebuah teknologi pendeteksi perasaan untuk menentukan musik yang cocok untuk emosi pendengar. Platform ini juga merilis sederet audiobook klasik untuk memperluas layanan streaming-nya.(*)

Related Articles
Tech
Mantan Bos Spotify Sebut Pendapatan Musisi dari Stream “Bukan Masalah Spotify”

Korea
Tak Hanya Donasi, RM BTS juga Kirim Surat Tulisan Tangan ke Perpustakaan Umum!

Interest
Kebangkitan Situs Streaming di Tengah Pandemi Coronavirus