Lifestyle

3 Makanan Pengganti Nasi yang Mengenyangkan dan Enak ala Korea

Laili Fajry

Posted on February 1st 2021

Buat kalian yang sedang berusaha menurunkan berat badan, kelebihan karbohidrat aka nasi memang harus dihindari. Dilansir dari Hellosehat, sumber karbohidrat akan langsung diproses dan dicerna untuk menjadi bahan bakar energi tubuh. Namun, jika karbohidrat dikonsumsi terlalu banyak, tubuh tidak akan menggunakan semuanya untuk diubah menjadi energi. Cadangan energi ini tersimpan di dalam tubuh dalam bentuk lemak. Hmmmm…ngeri ah…

Nah sebenarnya ada tiga makanan yang bisa menjadi alternatif pengganti nasi. Dikutip dari Realfoods, ketiganya tidak hanya mengenyangkan, tetapi juga mengandung serat, vitamin, dan protein. Dan yang tidak kalah seru, makanan pengganti sumber tenaga tersebut juga enak. Yuk, intip apa saja yang bisa menggantikan nasi.

 

1. Kembang Kol

Nasi kembang kol saat ini merupakan menu yang sedang menjadi tren di restoran dan kafe brunch Korea. Sayuran berbentuk mirip brokoli namun berwarna putih ini cukup mengenyangkan namun rendah karbohidrat.

Kembang kol sulforaphane yang baik untuk kesehatan saluran cerna dan indolecarbinol 3 sebagai zat antikanker. Makanan yang lazim disebut brungkul di Jawa tersebut juga kaya vitamin C yang baik untuk kesehatan kulit. 

Rasa kembang kol sangat tawar. Teksturnya mirip nasi. Di Korea, kembang kol lazim dimasak menjadi masakan nasi goreng, nasi kepal, rice bowl, dan gimbap. Kembang Kol rendah kalori, tapi tinggi serat makanan. Jadi makan sedikit membuat Anda merasa kenyang.

Nasi kembang kol bisa dibuat cukup banyak di rumah. Rebus kembang kol dalam air dengan cuka, dinginkan, dan potong halus. Belakangan ini, ada juga produk cepat beku yang dicincang halus, sehingga lebih mudah dimasak.

 

2. Mie Tahu

Semakin banyak mie yang dibuat dari tahu yang menggantikan tepung terigu. Belakangan ini, seiring dengan meningkatnya popularitas, mie tahu sering ditambahkan ke hidangan yang dinikmati dengan tepung, seperti pasta, mi, dan bibimmyeon. 

Menurut laporan tren oleh perusahaan e-commerce WeMef dari Korea, dari penjualan selama tiga bulan tahun lalu (5 Juli hingga 4 Oktober 2020), mie meningkat 157 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun 2019.

Terutama, fakta bahwa suplemen protein adalah faktor yang paling populer. Mie tahu menjadi makanan yang baik untuk para pelaku diet yang bosan dengan dada ayam atau putih telur. Pada produk 'Mie Tofu' Pulmuone di Korea, satu bungkus (100 gram) mengandung 15 gram protein. Itu setara dengan sekitar 30 persen dari asupan harian yang direkomendasikan untuk orang dewasa dan serupa dengan 2 butir telur atau 65 gram dada ayam. 

 

3. Konjak

Jika kembang kol menggantikan nasi dan mie tahu menggantikan tepung, konjak dapat menggantikan keduanya. Konjak adalah makanan yang dibuat dalam bentuk agar-agar atau mie yang dibuat dengan cara membumbui batang bawah dari sayuran konjak tua.

Tanaman konjak mirip porang. Kedua tanaman tersebut memiliki genus yang sama, yaitu Amorphophallus. Konjak tumbuh di daerah subtropis yang hangat hingga tropis seperti Asia Timur, Jepang, Tiongkok selatan hingga Indonesia. 

Konjak kaya akan serat sehingga membantu pencernaan. Konjak mengandung kalori rendah dan serat makanan yang larut dalam air yang disebut glukomanan. 

Laporan WeMef menyebutkan, seiring dengan peningkatan penjualan mie konjak dan beras konjak untuk menggantikan tepung terigu, volume transaksi di kategori konjak meningkat 719 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. 

Menurut laporan dari Growth Market Reports, sebuah firma riset pasar, pasar konjak global tahun lalu mencapai USD 2,69 miliar. Diperkirakan tahun ini akan mencapai skala tersebut. Laporan tersebut memperkirakan bahwa "pasar konjak akan terus berkembang pesat di masa depan karena semakin banyak orang yang mencari makanan yang bermanfaat untuk sembelit dan diet.(*)

Related Articles
Entertainment
Jelang Debut Jepang, TREASURE Upload Empat MV Sekaligus

Korea
IZ*ONE Bersiap Gelar Konser Terakhir Sebelum Kontrak Habis

Entertainment
TXT Rilis Lightstick, Fans SHINee Protes