Interest

Lampaui Rata-Rata Dunia, Segini Waktu yang Dihabiskan Warga +62 di Media Sosial

Dwiwa

Posted on February 1st 2021

 

Kehidupan setahun terakhir mungkin memang terasa jauh lebih berat dibanding tahun-tahun sebelumnya. Pandemi Covid-19 yang semakin menyebar luas pun sedikit banyak memaksa orang mengubah cara bersosialisasi. Tidak lagi melalui tatap muka, tetapi beralih ke media sosial.

Sebuah laporan yang dibuat oleh agensi marketing We Are Social dan situs HootSuite yang diterbitkan baru-baru ini pun mengungkap jika saat ini ada 4,2 miliar pengguna sosial media di dunia.

Dalam laporan yang diberi judul Digital 2021 : Global Overview Report tersebut, mereka mengungkap jika telah terjadi kenaikan sebanyak 490 juta dalam 12 bulan terakhir atau mengalami peningkatan sebesar 13 persen.

Jumlah ini jika lebih dirinci, rata-rata lebih dari 1,3 juta pengguna baru yang setiap hari bergabung dengan berbagai platform media sosial selama 2020. Ini setara dengan 15,5 pengguna baru setiap detik.

Analisis tersebut juga mengungkap jika jumlah pengguna global media sosial bertambah dua kali lipat sejak Januari 2016. Sementara lebih dari 1 miliar pengguna baru telah bertambah hanya dalam 3 tahun terakhir.

Dalam laporan yang dirilis pada akhir Januari ini juga mengungkap lama waktu yang dihabiskan pengguna media sosial di berbagai negara. Dari 47 negara yang dianalisis, Filipina berada di posisi tertinggi dengan lama akses rata-rata 4 jam 15 menit.

Sementara itu, Indonesia berada di peringkat kesembilan dalam daftar. Rata-rata, warga +62 menghabiskan waktu untuk bermain media sosial selama 3 jam 14 menit. Jumlah ini masih lebih tinggi dari rata-rata global yang hanya menghabiskan waktu 2 jam 25 menit.

Selain itu, warga Indonesia ternyata juga hobi berlama-lama menghabiskan waktu untuk berselancar di internet. Dari 47 negara, Indonesia berada di peringkat ke-8 dengan total waktu yang dihabiskan sebanyak 8 jam 52 menit. Angka ini pun melampaui rata-rata dunia yang hanya 6 jam 54 menit.

Sama seperti media sosial, orang Filipina ternyata juga menjada jawara sebagai yang terlama menghabiskan waktu berselancar di internet. Rata-rata, mereka menghabiskan waktu 10 jam 56 menit. 

Dalam laporan mereka, pengguna Internet juga telah meningkat sebanyak 316 juta atau sekitar 7,3 persen pada Januari 2021 dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Sedangkan secara keseluruhan, pengguna internet di seluruh dunia telah mencapai angka 4,66 miliar.

Nah kalau kalian bagaimana nih guys? Lebih lama dari rata-rata warga +62 atau justru termasuk golongan yang jarang akses internet dan buka media sosial nih?

Related Articles
Current Issues
Ada Bahaya Mengintai Jika Sembarangan Pamer Sertifikat Vaksinasi di Media Sosial

Current Issues
Mengapa Media Sosial Bikin Kita Kecanduan?

Interest
Ilmuwan Serukan Pendekatan One Health untuk Iklim dan Mitigasi Penyakit