Current Issues

Nominasi Nobel Perdamaian Mulai Dirilis, Ini Nama-Nama yang Masuk Daftar

Gerakan Black Lives Matter masuk nominasi

Kezia Kevina Harmoko

Posted on February 1st 2021

(Ira L. Black/Corbis/Getty Images)

Nobel Perdamaian adalah penghargaan tahunan untuk pihak yang dianggap memberikan kontribusi berdampak dalam bidang kedamaian. Tahun ini, ada beberapa nama yang masuk ke nominasi, salah satunya adalah gerakan melawan rasialisme kulit hitam, Black Lives Matter.

Gerakan Black Lives Matter digaungkan setelah laki-laki berkulit hitam bernama George Floyd meninggal di tangan polisi pada Mei 2020 lalu. Sederet aksi untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dunia tentang ketidakadilan ras diperjuangkan oleh gerakan Black Lives Matter.

Yang mengajukan Black Lives Matter masuk ke nominasi Nobel Perdamaian adalah Petter Eide. Anggota parlemen Norwegia tersebut menganggap gerakan BLM benar-benar punya jangkauan yang luas, faktor yang paling membedakan gerakan ini dengan gerakan-gerakan yang pernah dilakukan sebelumnya.

Eide mengakhiri pengajuannya itu dengan berkata, ”Menganugerahkan penghargaan kedamaian untuk Black Lives Matter, gerakan global terkuat dalam melawan ketidakadilan ras, akan menebarkan pesan bahwa kedamaian bisa ditemukan dalam kesetaraan, solidaritas, serta hak asasi manusia, dan semua negara harus menghormati prinsip dasar tersebut.”

Selain Black Lives Matter, nominasi penghargaan Nobel Perdamaian tahun ini adalah World Health Organization (WHO), aktivis perubahan iklim Greta Thunberg (tahun sebelumnya juga masuk nominasi), aktivis asal Rusia Alexei Navalny, dan sederet nama lainnya.

Nominasi penghargaan Nobel diajukan langsung oleh nominator. Orang yang berhak mengajukan nama-nama tersebut bisa dari anggota parlemen pemerintahan, profesor di sebuah universitas, orang yang pernah menerima penghargaan Nobel Perdamaian, dan sederet posisi berpengaruh lainnya.

Panitia Nobel Perdamaian akan menjaga kerahasiaan nominator dan nominasi yang tidak memenangkan penghargaan selama 50 tahun. Semua investigasi untuk menentukan pemenang juga dirahasiakan. Tapi, nominator boleh mengumumkan siapa yang ia pilih untuk penghargaan tersebut.

Pengumpulan nama-nama untuk nominasi Nobel Perdamaian diterima sampai 1 Februari. Pengumuman pemenang akan dilakukan pada Oktober, dilanjutkan dengan seremonial penyerahan penghargaan pada November hingga Desember.

Di tahun 2020, pemenang dari Nobel Perdamaian adalah World Food Porgramme (WFP), program pangan dari PBB dan penghargaan tahun 2019 dimenangkan oleh Abiy Ahmed, pejuang demokrasi dan pemilu di Etiopia. Nah, ada yang punya cita-cita meraih penghargaan bergengsi satu ini? Ayo mulai produktif~

Related Articles
Current Issues
Tuai Kontroversi, Starbucks Kini Izinkan Staff Pakai Atribut Black Lives Matter

Entertainment
Dukung Gerakan Antirasialisme, Justin Bieber Apresiasi ‘Black Culture’

Entertainment
Dukung Black Lives Matter, Alicia Keys Rilis ‘Perfect Way To Die’