Tech

YouTube Rilis Fitur Clip, Bisa Share Cuplikan Video 60 Detik Cuma Tiga Langkah

Kezia Kevina Harmoko

Posted on January 31st 2021

YouTube lagi uji coba fitur baru bernama clip. Sesuai dengan namanya, fungsi fitur baru ini adalah membuat klip atau video pendek dari sebuah video, tapi masih di dalam platform YouTube. Buat kalian yang familiar dengan Twitch, mungkin tahu fitur serupa.

Karena masih dalam tahap awal, clip hanya tersedia untuk sekelompok kecil kanal YouTube aja. Salah satu kanal yang punya video yang bisa dicoba adalah Creator Insider. Fitur ini terselip di antara tombol dislike dan share. Di sana ada tambahan logo gunting bertuliskan clip.


Tangkapan layar salah satu video yang punya fitur klip

Kalau kita klik, akan muncul sebuah kotak di sisi kanan video. Di sana kita bisa buat klip dengan mengatur durasi mulai dan akhir selama maksimal 60 detik. Kita bisa mengetik detail waktunya atau menggeser timestamp video untuk mendapatkan momen yang mau dibuat menjadi klip.

Tangkapan layar membuat sebuah klip

Setelah mengatur klipnya, kita diharuskan menamai klip yang kita buat. Sudah deh, tinggal klik ”Bagikan Klip“ untuk share video singkatnya. Akan muncul tautan yang berbeda dari tautan asli video.

Kalau menonton dari link klip tersebut, tampilan video akan mirip seperti video umumnya, tapi kita hanya bisa menonton bagian singkat yang tadi sudah diatur. Klip akan terus berulang kalau kita nggak memilih untuk menonton video lengkapnya. Tombol ”Tonton Video Lengkap” ada di sisi kanan video, berdampingan dengan pilihan share klip.

Tampilan klip yang dibuat

Clip hanya bisa dicoba melalui browser desktop. Dilansir dari Arstechnica, perangkat Android dan iOS juga akan kebagian dalam waktu dekat. Kalau penasaran sama fitur baru tersebut, klik video ini atau klik di sini buat cek bentuk klipnya.

Entah bakal gimana fitur clip ini bakal mempengaruhi pengalaman menonton YouTube. Klip bisa jadi sneak peek buat sebuah video dan menarik lebih banyak orang buat menonton, tapi bisa juga mencuri panggung video asli kalau penonton enggan melihat video versi full. Pemilik kanal memang akan tetap dapat adsense dari klip, tapi pastinya jumlah iklan gak bisa banyak dalam sebuah video 60 detik.

Nah, gimana menurutmu tentang fitur baru YouTube ini? (*)

Artikel Terkait
Tech
Lawan Komentar Toxic, YouTube Lindungi Kreator dengan Fitur Baru Ini

Tech
YouTube Update App Mobile, Gestur Untuk Full Screen dan Permudah Tombol Subtitle

Tech
YouTube Uji Coba Pembuat Chapter Otomatis, Biar Gak Perlu Menandai Secara Manual