Tech

Spotify Punya Fitur Rekomendasi Musik Berdasarkan Emosi dan Lingkungan Sekitarmu

Kezia Kevina Harmoko

Posted on January 30th 2021


(Kaspars Grinvalds/Shutterstock)

Dengar rekomendasi musik dari pilihan-pilihan playlist? Itu sih sudah biasa. Spotify sepertinya mau level up dengan mematenkan sebuah fitur rekomendasi musik berdasarkan emosi kita. Perasaan hati itu dideteksi melalui monitor suara sekitar pengguna, jadi platform tersebut otomatis tahu musik apa yang harus kita dengarkan.

Teknologi pendeteksi perasaan ini bekerja dengan cara mendengarkan suara pengguna. Dengan menggunakan speech recognition, data seperti intonasi suara, stress, sampai irama bicara akan menentukan emosi si pendengar. Dari data ini, emosi akan digolongkan menjadi bahagia, marah, sedih, atau netral.

Selain itu, Spotify juga akan mengambil data seputar suara dari keadaan sekitar penggunanya. Misalnya suara aktivitas fisik, transportasi publik, dan lingkungan sosial. Ini untuk menentukan apakah si pengguna lagi sendiri, berada di grup kecil, atau beramai-ramai.

Semua informasi tersebut akan dikombinasikan dengan data pengguna yang sudah ada sebelumnya. Misalnya musik recently played, penilaian terhadap lagu-lagu, konten yang disimpan, dan selera musik teman mereka. Nah, semua paket data lengkap ini bakal menyempurnakan rekomendasi spesial dari Spotify.

Ide dari paten tersebut berawal dari ketidakpuasan aplikasi asal Swedia ini dalam merekomendasikan musik kepada para penggunanya. Di berkas patennya, Spotify menyebut bahwa sebuah media streaming sudah biasa menyediakan rekomendasi personal untuk penggunanya. Namun selama ini pengguna harus menjawab sederet pertanyaan agar sistem bisa mendeteksi selera pengguna tersebut.

Nah, Spotify ingin naik kelas. Mereka tidak ingin membawa penggunanya menjawab sederet pernyataan untuk memberikan rekomendasi musik. Spotify lebih menggunakan pendekatan teknologi agar langsung peka pada perasaan penggunanya.

Paten teknologi itu sendiri sebenarnya sudah diajukan sejak 2018 lalu. Tapi baru disetujui bulan ini, Januari 2021. Namun sayangnya belum ada kejelasan apakah teknologi pendeteksi emosi ini memang benar akan diluncurkan atau tidak.

Dalam sebuah pernyataan kepada Pitchfork, perwakilan Spotify berkata bahwa perusahaan mereka mematenkan banyak penemuan dan terus bertambah. Beberapa paten memang ada yang jadi produk yang dipasarkan, ada juga yang tidak.

Sebelumnya Spotify juga mematenkan sebuah fitur video user generated yang mirip sama TikTok. Platform satu ini juga merilis fitur pencarian lagu cukup dengan lirik buat kamu yang suka lupa sama judul lagu.(*)

Related Articles
Tech
Spotify Kini Mungkinkan Pengguna Unduh Konten di Desktop, Bisa Didengar Offline

Tech
Spotify Bakal Bikin Audio Jauh Lebih Berkualitas di Layanan Spotify HiFi

Tech
Lagi-Lagi Fitur Ini, Spotify Uji Coba Fitur Mirip Story Buat Beberapa Artis Hits