Korea

Ini Dia Hasil Survei Konten dan Artis Korea Terpopuler di Kancah Internasional

Delima Pangaribuan

Posted on January 29th 2021

(Soompi)

Korea Selatan dikenal serius menggarap budaya populer hingga akhirnya negara mereka dikenal seluruh dunia. Baru-baru ini, pemerintah setempat mengadakan survei untuk mengetahui kira-kira konten apa saja atau artis mana yang paling dikenal di berbagai negara.

Melansir Soompi, survei tersebut dilakukan oleh Kementerian Budaya, Olahraga, dan Pariwisata Korea Selatan bersama dengan Korean Foundation for International Culture Exchange. Mereka menyurvei kurang lebih 8.500 responden dari 18 negara, di antaranya ada Amerika Serikat, Tiongkok, dan Jepang.

Survei gak cuma dilakukan untuk satu jenis hiburan saja, tetapi lintas media seperti film, musik, hingga acara televisi. Setelah mengumpulkan survei sejak 24 September hingga 4 November 2020, hasilnya dipublikasikan 28 Januari kemarin.

Hasilnya, untuk penyanyi Korea terfavorit, sebanyak 22 persen memilih BTS. Kemudian disusul BLACKPINK dengan 13,5 persen. Di urutan ketiga ada PSY dengan 2,9 persen. TWICE menempati urutan keempat dengan 2,4 persen. Kemudian EXO ada di urutan kelima dengan 2,1 persen.

Kemudian untuk aktor favorit, persentase tertinggi diraih oleh Lee Minho dengan 9,6 persen. Disusul Hyun Bin (3,5 persen), Gong Yoo (2,3 persen), Song Hyekyo (2,1 persen), dan Lee Jongsuk (2 persen).

Ketiga adalah kategori film. Parasite menempati urutan pertama paling dikenal oleh 18,4 persen repsonden. Menyusul di belakangnya, ada Train To Busan (10,2 persen) dan sekuelnya Peninsula (3,5 persen). Kemudian #ALIVE (2,1 persen) dan Time To Hunt (1,6 persen).

Drama yang paling favorit sepanjang 2020 adalah Crash Landing On You dengan skor 9,5 persen. Kemudian It's Okay To Not Be Okay (4,1 persen), The World of the Married (2,8 persen), Itaewon Class (2,8 persen) serta Kingdom (2,5 persen).

Terakhir, di antara berbagai media dan konten tersebut, drama menjadi yang paling populer. Sebanyak 29,7 persen responden menjawab mereka nonton drakor.

Kemudian disusul konten tentang produk kecantikan (27,5 persen), variety show (26,9 persen) dan acara fashion (24,8 persen). Konsumsi terhadap konten-konten ini pun diklaim meningkat selama pandemi Covid-19 karena orang-orang mencari hiburan alternatif selagi tinggal dalam rumah. (*)

 

Related Articles
Entertainment
Ini 3 Drakor yang Ditonton Minhyun 'NU'EST' di Netflix Selama Social Distancing

Entertainment
Hwasa 'MAMAMOO' Bakal Nyanyikan OST 'The King: Eternal Monarch'!

Entertainment
Menanti 'Handsome Tigers', Variety Show Korea Bertema Basket