Korea

EXO-L dan ARMY Tak Lagi Bermusuhan, Mungkin Ini Alasannya...

Delima Pangaribuan

Posted on January 28th 2021

(HaB Korea)

Dalam sejarah per-KPop-an, kerap dikenal adanya "permusuhan" antara satu fandom dengan fandom lain. Kadang karena masalah sepele di media sosial, akhirnya merembet ke semua fans yang tergabung di fandom itu. Salah satu yang terkenal adalah 'musuh bebuyutan' EXO-L dan ARMY.

Fans EXO dan BTS ini dikenal sudah saling beda pendapat sejak zaman grupnya debut. Waktu itu, karena EXO lebih senior dan datang dari agensi besar, sementara BTS dari agensi kecil, fans pun saling berdebat siapa yang terbaik di antara mereka.

Tapi belakangan, tensi antara kedua fandom gak lagi kerasa. Hal itu didiskusikan sama para fans di komunitas online. Mengutip AllKpop, para fans menyadari kalau EXO-L dan ARMY gak lagi banyak berantem hanya karena masalah sepele atau masalah voting.

Ada beberapa alasan yang menurut warganet mendasari "gencatan senjata' antara kedua fandom raksasa ini. Tapi alasan utamanya karena memang kedua fandom gak lagi tertarik untuk saling ribut dan anggota fandomnya memang sudah lebih dewasa.

"Sejujurnya ketika kedua fandom ini bertengkar, mereka sedang berkompetisi karena hasil chart musik saja," seorang warganet berpendapat, seperti dikutip AllKpop.

"Aku pikir kedua grup ini sudah terlalu besar untuk peduli dengan hal-hal seperti itu," komentar yang lain.

"Aku setuju kalau kedua fandom ini tidak lagi sering bertengkar. Aku pikir yang paling bodoh adalah mereka yang mencoba membandingkan kedua grup ini dan berusaha menjatuhkan salah satunya," kata yang lain.

Buat EXO-L dan ARMY, kalian juga ngerasa lebih adem ayem, kan? Ini pertanda bagus, artinya kita udah bisa jadi fans yang lebih dewasa. Ayo pertahankan!(*)

Artikel Terkait
Korea
Lagu Apa yang Paling Ingin 'Dicuri' Fans dari Grup Lain?

Entertainment
Situs Media Sosial Tiongkok Bekukan Akun Penggemar K-Pop, BTS

Entertainment
IU X Suga Bakal Berhadapan dengan 10 Idol Cowok yang Comeback Mei!