Korea

Big Hit dan Naver Kerja Sama, Apa Artinya Buat Industri KPop?

Delima Pangaribuan

Posted on January 28th 2021

(Soompi)

Rabu sore, 27 Januari, dunia per-KPop-an dikejutkan sama berita kerja sama baru Big Hit Entertainment. Melansir Soompi, salah satu perusahaan raksasa KPop itu baru saja menyepakati kerja sama dengan Naver, perusahaan digital content dan live streaming yang juga gede di Korea Selatan.

Pastinya kalian udah sering dengar Naver, kan? Yap, Naver adalah perusahaan induk yang punya aplikasi KPop terbesar yakni V-Live. Di samping itu, mereka juga punya mesin pencarian dan Webtoon. Nah, pada Rabu sore, kedu belah pihak ini menyepakati kerjasama dengan investasi Naver ke Big Hit sebesar KRW 410 miliar (sekitar Rp 5,1 triliun).

Investasi mereka itu khususnya ditujukan buat anak perusahaan Big Hit, beNX. Ini perusahaan yang menaungi Weverse, platform media sosial khusus idol yang biasa kita pakai. Jadi, apa artinya ini?

Artinya, kedua platform gede itu mungkin akan bergabung. Weverse dan V-Live. Naver sekarang punya saham sebesar 49 persen di beNX dan bakal memindahkan V-Live ke perusahaan itu juga. Oh ya, lewat kerja sama ini juga, beNX berubah nama jadi WEVERSE COMPANY Inc.

Kerja sama ini sebenarnya udah digadang-gadang sejak tahun lalu. Banyak pihak sudah memikirkan buat ngegabungin V-Live dengan platform lain seperti Weverse. Setelah kerja sama ini, bakal ada proses peralihan dan selama itu servis dari kedua aplikasi masih bakal tetap seperti biasa.

CEO Naver Han Seongsook menerangkan bahwa kerja sama ini terbentuk guna memperkuat ekspansi KPop secara global. "Untuk mengekspansi pasar global, kita perlu melampaui kompetisi antara platform dalam negeri dan saling berkolaborasi dengan kompetitor itu sehingga menciptakan sinergi," jelasnya.

"Pertambahan K-content ke dalam industri teknologi kita akan menjadikan kita pemain pasar yang luar biasa di pasar industri hiburan global. Budaya fandom telah dianggap sebagai salah satu fanatik idol dan sekarang berkembang ke berbagai bidang, menciptakan budaya dan nilai ekonomi baru," lanjutnya. 

Mereka melihat adanya potensi pertumbuhan yang luar biasa melalui V-Live dan Weverse, yang telah menampung 85 persen fans internasional. 

Jadi jangan kaget kalau di masa depan, kita bakal menemukan Weverse dan V-Live ada di satu aplikasi. Kabar baiknya, berarti ruang penyimpanan di HP kita bisa agak hemat kalau aplikasinya jadi satu, ya kan? (*)

Related Articles
Korea
Pemerintah Seoul Investigasi Big Hit Soal Weverse Shop. Ada Apa?

Entertainment
Konser Online Disambut Antusias, SM Entertainment-Naver Bikin Platform Khusus

Entertainment
5 Fakta BTS 'Break The Silence: Docu-Series' yang Tayang di Weverse