Current Issues

Selandia Baru Teratas Dalam Atasi Pandemi Covid-19, Indonesia Nomor Berapa?

Dwiwa

Posted on January 28th 2021

 

Virus SARS-Cov-2 penyebab Covid-19 telah menginfeksi lebih dari 100 juta orang di dunia. Banyak negara mulai kewalahan menghadapi pandemi yang semakin menggila, tetapi tidak sedikit pula yang berhasil mengatasinya.

Misalnya saja Selandia Baru, Vietnam, dan Taiwan yang menjadi tiga negara teratas dalam Indeks Kinerja Covid yang dibuat oleh Lowy Institute. Dari hampir seratus negara yang dilihat datanya oleh Lowy Institute, ketiga negara ini memimpin dalam keberhasilan menangani pandemi Covid-19.

Dilansir dari Reuters, Lowy Institute mengungkap jika dalam daftar yang mereka rilis pada Kamis tidak termasuk Tiongkok. Pasalnya, negara tersebut tidak memiliki data yang cukup untuk diakses oleh publik.

Selain ketiga negara tersebut, Thailand, Siprus, Rwanda, Islandia, Australia, Latvia, dan Sri Lanka juga masuk dalam sepuluh besar. Negera tersebut memiliki sedikit jumlah kasus dan kematian yang dilaporkan baik secara agregat maupun perkapita.

Secara total, 98 negara dievaluasi selama 36 minggu setelah kasus Covid-19 keseratus yang dikonfirmasi, menggunakan data yang tersedia pada 9 Januari 2021.

Menurut Lowy Institute, rata-rata dari empat belas hari kasus harian dihitung untuk menjadi indikator dari kasus terkonfirmasi, lalu ada indikator kasus yang dikonfirmasi per satu juta orang, kematian yang dikonfirmasi, kematian yang dikonfirmasi per satu juta orang, kasus yang dikonfirmasi sebagai proporsi tes, dan tes per seribu orang.

Jika Selandia Baru, Vietnam dan Taiwan menjadi negara terdepan dalam mengatasi pandemi, Amerika Serikat yang menjadi penyumbang terbanyak kasus Covid-19 di dunia berada di peringkat 94. Sedangkan India yang memiliki lebih dari 11 juta kasus ada di peringkat 86. Lalu di mana Indonesia?

Berdasarkan laporan tersebut, ternyata meskipun kasus di Indonesia baru berada di kisaran satu juta, posisinya hanya satu tingkat lebih baik dari India, yakni 85. Rusia, Perancis, dan Inggris, yang memiliki kasus lebih dari 3 juta masing-masing berada di peringkat 76, 73, dan 66. 

Indeks ini menunjukkan negara-negara di Asia-Pasifik terbukti palimg berhasil dalam mengatasi pandemi. Sementara Eropa dan Amerika Serikat dengan cepat kewalahan menghadapi penyebaran Covid-19 yang cepat.

“Tingkat perkembangan ekonomi atau perbedaan dalam sistem politik antar negara memiliki dampak yang lebih kecil pada hasil daripada yang sering diasumsikan atau dipublikasikan,” jelas Lowy Institute yang berbasis di Sydney dalam analisanya.

Mereka juga menyebut jika secara umum negara dengan populasi lebih kecil, masyarakat yang kohesif, dan lembaga yang kompeten memiliki keunggulan komparatif dalam menangani krisis global seperti pandemi. (*)

 

Related Articles
Current Issues
Mendekati Musim Dingin, Kasus Covid-19 Makin Melonjak di Eropa dan Amerika

Current Issues
Membatasi Kapasitas Ruangan Dapat Menurunkan Infeksi Covid-19 Secara Signifikan

Current Issues
Studi: Kasus Covid-19 di Indonesia Jauh Lebih Banyak dari Data Pemerintah