Sport

Florida Ajukan Diri Gantikan Tokyo Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2021

Dwiwa

Posted on January 27th 2021

 (Reuters)

Florida menawarkan diri kepada Komite Olimpiade Internasional (IOC) untuk menjadi penyelenggara Olimpiade 2021. ini dilakukan menyusul adanya spekulasi jika Tokyo mungkin akan mundur sebagai tuan rumah akibat pandemi Covid-19.

Dilansir Reuters, melalui sebuah surat, Jimmy Patronis, kepala bagian keuangan Florida menawarkan pilihan ini kepada presiden IOC Thomas Bach. Menurutnya, masih ada cukup waktu untuk memindahkan perhelatan olahraga akbar ini ke negara bagian Amerika Serikat tersebut.

“Aku akan sangat menyambut kesempatan ini untuk mengajukan Florida dan membantu Anda untuk membuat kontak yang tepat agar ini bisa dilakukan,” ujarnya. Dalam surat tersebut, Patronis menunjukkan kekuatan Florida terkait vaksinasi dan keberhasilan menjadi tuan rumah berbagai even olahraga, termasuk NBA selama pandemi tahun lalu.

Florida sendiri telah mencatatkan kematian 25 ribu akibat Covid-19. Sedangkan kematian kumulatif akibat Covid-19 di Jepang mencapai 5 ribu selama akhir pekan kemarin. “Tindakan pencegahan apapun yang diperlukan, mari kita cari tahu dan laksanakan,” ujar Patronis.

Panitia penyelenggara Olimpiade di Tokyo sendiri telah berjanji akan menggelar perhelatan olahraga yang telah ditunda selama setahun akibat pandemi itu. Rencananya, Olimpiade akan dibuka pada 23 Juli.

Berdasarkan keterangan IOC kepada Reuters, mereka mengaku belum mendapat surat dari Patronis. Pernyataan mereka pada pekan lalu juga menyebut jika IOC berkomitmen untuk menggelar Olimpiade di Tokyo tahun ini.

Melihat perencanaan dan persiapan yang dibutuhkan untuk menghelat Olimpiade, tampaknya akan sulit merelokasi pesta olahraga dunia itu hanya dalam enam bulan dari jadwal upacara pembukaan. (*)

Related Articles
Sport
Komite Olimpiade Internasional : Olimpiade Tokyo Tetap Diadakan Pada 2021

Sport
Olimpiade Tokyo Digelar 23 Juli-8 Agustus 2021

Sport
Wisma Atlet Olimpiade Tokyo 2020 Siap Jadi Rumah Sakit Darurat Covid-19