Tech

Spotify Kembangkan Fitur Audiobook, Ada Sembilan Buku Klasik yang Bisa Didengar!

Kezia Kevina Harmoko

Posted on January 26th 2021

(Spotify)

Spotify benar-benar berkembang dari sekadar platform untuk mendengar musik menjadi aplikasi all-in-one untuk pengalaman audio. Kita bisa dengar podcast atau siaran asyik dalam satu aplikasi. Yang terbaru adalah aplikasi asal Swedia ini merilis sembilan judul buku klasik dalam bentuk audiobook!

Buat kamu yang suka menikmati buku yang dibacakan oleh narator, fitur baru ini game-changer banget. Kita bisa dengan mudah memilik buku apa yang mau kita dengar, klik play, sudah deh. Narator akan membawa kita ke petualangan cerita yang asyik melalui telinga kita.

Karena masih di tahap awal, buku yang tersedia masih terbatas. Hanya ada sembilan judul buku klasik yang sudah public-domain dalam peluncuran pada Senin (25/1) lalu.

Audiobook Frankenstein di Spotify

Sembilan buku itu adalah Frankenstein karya Mary Shelley, Great Expectations karya Charles Dickens, Persuasion karya Jane Austen, Cane karya Jean Toomer, The Awakening karya Kate Chopin, Passing karya Nella Larsen, Jane Eyre karya Charlotte Brönte, Narrative of the Life of Frederick Douglass; an American Slave karya Frederick Douglass, dan buku edukasi Sitting with the Classics yang dibawakan oleh profesor literatur Harvard, Glenda Carpio.

Semua buku tersebut sudah dirilis secara lengkap dalam beberapa bab. Kita bisa mendengarnya secara berurutan, lalu berhenti untuk jeda di bab manapun. Di bagian akhir, ada bab pembahasan tentang buku tersebut yang dibawakan oleh Glenda Carpio. Semua kumpulan pembahasan buku klasik ada di buku Sitting with the Classics.

Bab-bab di dalam audiobook Spotify

Pembaca audiobook ini antara lain adalah YouTuber David Dobrik, aktris Hillary Swank, sampai aktor Forest Whitetaker. Suaranya memanjakan telinga semua deh~

Karena mengangkat buku yang public-domain, platform satu ini gak perlu bayar royalty deh. Semua audiobook ini bisa diakses baik untuk pengguna Spotify premium atau Spotify gratis. Bahasa yang digunakan tentunya bahasa Inggris karena pasar utamanya adalah negara berbahasa Inggris, namun tetap bisa didengar untuk semua pengguna di seluruh dunia kok. Lumayan buat latihan listening.

Sebelumnya Spotify pernah merilis audiobook untuk buku Harry Potter and the Philosopher’s Stone karya J.K. Rowling. Sederet selebriti dipilih untuk membacakan buku ini, mulai dari Daniel Radcliffe, Dakota Fanning, sampai David Beckham.

Nah, pengin coba dengar audiobook di Spotify? Ketik aja salah satu judul buku lalu scroll ke bagian podcast and show. Semua audiobook resmi dari platform ini punya sampul yang senada, jadi pasti tahu deh yang mana yang resmi. (*)

Related Articles
Interest
5 Rekomendasi Audiobook di Spotify buat Kalian Pecinta Fiksi!

Tech
Spotify Punya Fitur Rekomendasi Musik Berdasarkan Emosi dan Lingkungan Sekitarmu

Tech
Spotify Hapus Fitur Putar Acak dari Album Gara-Gara Permintaan Adele?