Hobi

Ini Alasan Mengapa Judul Rurouni Kenshin di Indonesia Diubah Menjadi Samurai X?

Ahmad Redho Nugraha

Posted on January 26th 2021

Samurai X sempat menjadi anime shonen yang laris-manis di Indonesia pada awal 2000-an. Anime yang tayang di RCTI ini mengadaptasi cerita dari manga originalnya, Rurouni Kenshin. Manga itu bercerita tentang Kenshin Himura, seorang samurai pembunuh yang tobat dan berusaha menjalani kehidupan dengan damai.

Pada saat tayang di Indonesia, tak banyak yang mempertanyakan judul anime tersebut. Namun sejak film live action Samurai X tayang pada 2012, barulah banyak orang Indonesia yang tahu jika judul cerita Kenshin ini sebenarnya bukan Samurai X, tapi Rurouni Kenshin. Lantas mengapa nama Rurouni Kenshin di Indonesia berubah menjadi Samurai X?

Banyak orang mengaitkan judul Samurai X dengan bekas luka silang di wajah Kenshin. Dan mungkin saja stasiun TV penayang anime ini menamainya Samurai X karena faktor tersebut. Namun kenyataannya, nama Samurai X bukan hanya digunakan di televisi Indonesia, tetapi juga di Amerika Serikat dan Kanada.

Samurai X yang ditayangkan di Indonesia juga tidak diterjemahkan langsung dari anime versi Bahasa Jepang-nya. Tapi dari anime yang beredar versi bahasa Inggris. Di mana anime bahasa Inggris sudah diakuisisi ADV Films, pemegang hak siar Rurouni Kenshin di Amerika Utara.

ADV Films dan pemegang hak siar anime lainnya biasanya memang kerap melakukan penyesuaian pada karakter dan ciri khas di dalam anime. Tujuannya agar dapat "lebih sesuai" bagi penonton di wilayah mereka.

Maka tidak mengherankan jika bukan hanya judul anime Rurouni Kenshin yang berubah. Tapi juga nama beberapa karakternya, yaitu Kaoru Kamiya dan Yahiko Myojin. Penerjemah Sony untuk Samurai X di Amerika juga mengubah nama Kaoru menjadi Kory Kamiya. Sementara Yahiko menjadi Yoshi Myojin.

Hal serupa juga kerap terjadi pada anime-anime lain, seperti Doraemon dan Digimon misalnya. Pada anime Doraemon, nama Nobita diubah menjadi Nobby. Suneo menjadi Sneech, dan Giant menjadi Big G.

Penyesuaian nama-nama karakter ini di kemudian hari dipandang sebagai sesuatu yang mengherankan bagi sebagian penonton. Terutama setelah platform serial streaming seperti Netflix mulai sering menayangkan anime. Kini, dalam versi cetak ulangnya, manga Samurai X di Indonesia sudah menggunakan nama asli karakter-karakternya manga originalnya.(*)

Artikel Terkait
Hobi
Sambut Ultah ke-25, Rurouni Kenshin Gelar Pameran Manga Hingga Juni 2021

Entertainment
Inilah 5 Film Live Action Adaptasi Manga Terbaik Versi Mainmain.id!

Entertainment
Kabar Buruk! Film Terakhir Rurouni Kenshin Batal Tayang Tahun Ini!