Esports

Grand Final M2 2021: Kalahkan Burmese Ghouls, Bren Esports Jawara Baru M2

Dika Afandi N

Posted on January 24th 2021

Tuntas! sang wakil Filipina, Bren Esports akhirnya berhasil memenangkan grand final Mobile Legends World Championship (M2) 2021. Hasil ini mereka peroleh setelah berhasil menumbangkan Burmese Ghouls  dari Myanmar dengan skor 4-3.

Laga final ini sendiri sangat ketat. Bahkan, skor sempat 3-3 sama. Burmese Ghouls bukan tim kaleng-kaleng yang mudah dikalahkan. Namun sebaliknya, Bren Esports juga membuktikan bahwa mereka memiliki mental juara.

Pada game pertama, Burmese Ghouls berhasil menguasai early game. Beberapa kali blue buff dari Bren Esports diganggu oleh Burmese Ghouls agar pemain Bren Esports, "KarlTzy" tak bisa melakukan farming dengan aman. Beberapa kali juga Bren Esports melakukan kesalahan saat set up war. Efeknya, turret mereka berhasil digunduli oleh Burmese Ghouls.

Namun saat late game Bren Esports benar-benar mendominasi permainan meskipun kalah dalam perbandingan kill yakni 14-12. Wakil Filipina tersebut mampu bermain objektif setelah keluar dari pressing yang dilakukan oleh Burmese Ghouls. Hasilnya mereka berhasil mengeleminasi lord di menit ke-15 setelah berhasil men-take-down pemain dari Burmese Ghouls.

Bren "KarlTzy" benar-benar menjadi momok bagi Burmese Ghouls karena permainannya yang impresif. Alhasil Bren Esports berhasil memenangkan pertandingan pertama di menit ke-19, saat Burmese Ghouls ter-wipe out. Skor 1-0 untuk Bren Esports dengan perbandingan kill 19-15.

Memasuki game kedua, Bren Esports sejak early game sudah tampil trengginas. Pemain Bren "KarlTzy" dengan hero Yi-Shun-Shin-nya menjadi momok bagi Burmese Ghouls. Kelihaian dari "KarlTzy" dengan hero tersebut sering kali membuka map. Sehingga menyusahkan wakil Myanmar tersebut melakukan set up war.

Tak membutuhkan waktu lama, Bren Esports pun berhasil memenangkan pertandingan di menit 12 setelah mengandangkan Burmese Ghouls untuk melakukan defence. Bren Esports pun berhasil unggul telak dalam perolehan kill 26-4. Skor 2-0 bertahan untuk Bren Esports.

Ketika 6 menit di game ketiga berjalan, kedua tim masih bermain imbang. Tapi Burmese Ghouls mampu bermain objektif sehingga unggul perolehan turret dari Bren Esports.

Pressing dari Burmese Ghouls berhasil membuat Bren Esports sulit keluar untuk melakukan objective gaming. Hasilnya Burmese Ghouls mulai comeback dengan memenangkan pertandingan di menit ke-13 dengan selisih kill 11-8. Skor 1-2.

Pada game keempat, Bren Esports berhasil menguasai early game dengan perbandingan kill 10-2 di menit ke-6. Tak hanya melakukan pressing saja, Bren Esports juga mencoba objective gaming demi memperlebar perolehan network gold dengan Burmese Ghouls. Pemain Bren "KarlTzy" berhasil tampil impresif dengan hero Lancelot yang menorehkan total 9 kill di menit ke-13.

Namun, Burmese Ghouls berhasil keluar dari tekanan Bren Esports di menit ke-15 dengan objective gaming yang mereka lakukan. Malah akhirnya Bren Esports berhasil dikandangkan oleh tim asal Myanmar tersebut. Akhinya Burmese Ghouls bisa memenangkan game yang keempat dengan selisih kill 22-18. Skor pun dibuat sama 2-2. Burmese Ghouls memperoleh kemenangan dengan predikat epic comeback.

Memasuki game game kelima, Burmese Ghouls berhasil mendapatkan first blood. Tapi, Bren Esports mencoba bermain objektif dengan mengamankan Turtle di menit ke-3. Di early game ini beberapa kali pemain Bumese Ghouls melakukan kesalahan set up war sehingga mereka kalah dalam perolehan kill di menit ke 4 sebanyak 6-2. Pemain Bren "Lusty" dengan hero Jawhead-nya dua kali berhasil menculik core dari Burmese Ghouls.

Burmese Ghouls pun akhirnya melakukan defence ketat akibat pressing yang dilakukan oleh wakil Filipina tersebut. Pada menit ke-13 akhirnya Burmese Ghouls berhasil membalikkan keadaan setelah mengeliminasi lord di menit 12.

Efeknya, giliran Bren Esports yang dikurung oleh Burmese Ghouls karena minion wave berhasil merongsok masuk ke base Bren Esports. Tak ingin membuang waktu, Burmese Ghouls pun berhasil memenangkan game kelima dengan selisih kill 20-12. Skor pun dibalikkan oleh Burmese Ghouls menjadi 3-2.

Pada game keenam, kedua tim bermain sangat imbang dalam melakukan set up war. Saat game masih berjalan 8 menit, perbandingan kill masih sama kuat 8-8. Namun permainan agresif yang dilakukan oleh Bren Esports, mengantarkan mereka meraih kemenangan dengan selisih kill 26-18. Skor pun dipaksa imbang menjadi 3-3.

Game ke 7 menjadi game penentu gelar juara bagi kedua tim. Bren Esports di early game sudah melakukan pressing kepada Burmese Ghouls dan membuahkan Turtle untuk wakil Filipina tersebut. Blunder yang dibuat oleh Burmese Ghouls membuat langkah Bren Esports dalam memenangkan game ketujuh lebih mudah.

Dengan bantuan Lord di menit 13, Bren Esports akhirnya menyudahi game ketujuh dengan selisih kill 19-14. Skor 4-3 berakhir untuk Bren Esports. Dengan hasil ini Bren Esports berhak atas gelar juara Mobile Legends World Championship (M2) 2021 dan Burmese Ghouls yang kalah menyandang sebagai runner up.

Related Articles
Esports
Tampil Trengginas di M2, "KarlTzy" Dinobatkan Jadi MVP

Esports
5 Hero dengan Winrate Paling Tinggi di M2 2021

Esports
Hasil Playoff M2 2021: Harapan Tertinggal di Langkah Terjal RRQ Hoshi