Tech

#UninstallWhatsApp Masuk Trending Topic, Ini Loh Cara Hapus Akun Permanen

Dwiwa

Posted on January 24th 2021

WhatsApp baru-baru ini memang menjadi perbincangan hangat akibat kebijakan baru yang kontroversial. Bahkan meskipun kebijakan ini sudah ditunda hingga 15 Mei mendatang, tampaknya para pengguna sudah lebih dulu merasa geram.

Pasalnya, dalam pembaruan kebijakan privasi terbaru, salah satunya adalah data pengguna akan dibagikan kepada Facebook yang merupakan perusahaan induk WhatsApp. Aplikasi perpesanan itu mengatakan jika data yang dibagikan tidak akan mempengaruhi percakapan pribadi maupun grup pribadi.

Tetapi tampaknya itu tidak membuat para penggunanya merasa tenang. Mereka pun mengungkap kegelisahan tentang pembaruan kebijakan WhatsApp lewat Twitter melalui #UninstallWhatsApp.

#UninstallWhatsApp bahkan menjadi trending topic Twitter Indonesia pada Minggu (24/1). Hingga siang hari, sudah lebih dari 5 ribu twit yang menggunakan tagar ini. Ada beragam cuitan yang disampaikan para pengguna di platform berlambang burung biru ini.

Ada yang merasa keberatan dengan kebijakan privasi baru WhatsApp tetapi juga sulit untuk benar-benar menyingkirkan aplikasi perpesanan ini. Pasalnya, teman hingga rekan bisnis mereka masih banyak yang menggunakan WhatsApp.

Selain itu, tidak sedikit pula yang menyarankan untuk meninggalkan WhatsApp dan berpindah ke platform perpesanan lain seperti yang sudah dilakukan Presiden Turki Turki Recep Tayyip Erdogan. Erdogan diketahui telah berpindah ke aplikasi BiP yang dibuat oleh perusahaan lokal Turki.

Tapi, jika kalian memang benar-benar ingin meninggalkan WhatsApp, hanya meng-uninstall aplikasi saja nggak cukup loh. Kalian juga harus ikut menghapus akun kalian di aplikasi milik Facebook tersebut.

Pasalnya, jika hanya meng-uninstal WhatsApp tanpa menghapus akun, data kalian berarti masih disimpan oleh aplikasi. Jadi, demi keamanan data dan privasi, pastikan untuk menonaktifkan akun terlebih dahulu sebelum menghapus aplikasi.

Tetapi perlu diingat, jika kalian menghapus akun WhatsApp, artinya sudah siap untuk kehilangan semua history perpesanan dan keikutsertaan dalam semua grup. Selain itu, backup di iCloud maupun Google Drive juga akan terhapus loh.

Tetapi jika sudah seratus persen yakin akan menghapus WhatsApp, berikut langkah yang harus dilakukan.
1. Buka aplikasi 
2. Pilih titik tiga di bagian pojok kanan atas ketuk setelan
3. Pilih Akun
4. Ketuk pilihan hapus akun saya
5. Masukkan nomor telepon yang digunakan untuk akun dalam format internasional lalu ketuk hapus akun saya
6. Pilih alasan mengapa akun WhatsApp dihapus
7. Ketuk hapus akun saya

Sekali lagi ingat ya, kalau akun WhatsApp dihapus, kalian sudah tidak bisa mengembalikan data yang sebelumnya tersimpan. Jadi kalau suatu saat mengaktifkannya kembali, kalian akan menjadi pengguna baru. (*)

Related Articles
Tech
WhatsApp Tak Jadi Batasi Fungsionalitas Meski Pengguna Tolak Kebijakan Baru

Tech
Dear Pengguna WhatsApp, Pilih Hapus Akun atau Berikan Data ke Facebook?

Tech
Masalah Privasi WhatsApp Mulai Mendapat Tantangan Hukum di India