Portrait

RIP Larry King, Host Talk Show Legendaris itu Tutup Usia Pada 87 Tahun

Jingga Irawan

Posted on January 24th 2021

Dunia broadcasting kehilangan sosok luar biasa. Larry King meninggal dunia di usia 87 tahun. Lebih dari setengah abad Larry King mendedikasikan hidupnya di dunia broadcasting. Ia sudah berbincang-bincang dengan para pemimpin dunia, legenda hollywood, sampai masyarakat biasa.

Larry King tutup usia pada 87 tahun pada Sabtu, (23/1). Ia meninggal di Rumah Sakit Cedars-Sinai Medical Center, Los Angeles. Belum ada keterangan yang menjadi penyebab kematiannya. Namun, sudah satu minggu lebih ia dirawat di rumah sakit tersebut karena Covid-19. Kematiannya tersebut juga telah dikonfirmasi oleh perusahaan produksi Ora Media, juga anak laki-lakinya: Chance Armstrong King.

Larry King dalam The Larry King Show (Ralph Dominguez/Globe Photos/Zuma Press)

Kabar ini tidak hanya membuat sedih dunia pertelevisian. Tapi juga dunia penyiaran radio. Karir King memang menanjak sejak ia menggarap program radio The Larry King Show. Program itu disiarkan Mutual Broadcasting System.

Namanya semakin populer ketika ia mengisi acara televisi malam hari di CNN dengan tajuk Larry King Live. Sekitar 25 tahun ia mengisi acara itu. Dari tahun 1985 hingga 2010.

Meskipun tidak lagi muda, King masih dipercaya memiliki program acara sendiri. Namanya Larry King Now. Disiarkan di Hulu, Ora TV, dan RT America. Dari semua acaranya itu, jika ditotal ia telah melakukan 50 ribu wawancara on-air. Wow, keren ya?

Larry King bukanlah penyiar yang sebatas menghibur saja lho. Atau sebatas cari sensasi. Tapi rasa ingin tahunya saat melakukan wawancara dengan bintang tamu selalu memicu perdebatan menarik. Kerennya lagi, ia selalu berhasil memikat bintang tamu yang sulit untuk didekati oleh media. Salah satunya contohnya mungkin ketika ia mewaancara Frank Sinatra, penyanyi asal AS yang ngetop pada 1960-an.

16 Desember 1999, George W. Bush bersalaman dengan Larry King saat selesai melakukan interview Larry King Live di Wildhorse Saloon in Nashville, Tenn. (AP Photo/John Russell, file)

Ia juga punya pengalaman mewawancara deretan presiden AS. Mulai dari Richard Nixon, Jimmy Carter, Ronald Reagen, Bill Clinton, George W. Bush, sampai Barack Obama. Sebelum menjadi presiden, Donald J. Trump juga pernah menjadi bintang tamu dalam acara bincang-bincang Larry King Live pada 1999.

7 Oktober 1999, Donald Trump dan Larry King dalam acara Larry King Live (AP Photo/Marty Lederhandler, File)

Karena kepiawaiannya, King kerap menerima berbagai penghargaan. Beberapa di antaranya yang cukup keren adalah Peabody, Emmy Awards, dan Cable ACE Awards.

King dilahirkan dengan nama Lawrence Harvey Zeiger. Pada 19 November 2020 lalu, ia baru saja berulang tahun ke 87 tahun. Dilansir dari AP, Larry King melalui masa mudanya yang sangat sulit. Sebelum sukses ia pernah menjadi seorang petugas kebersihan di sebuah stasiun radio AM. Namun, karena kegigihannya, ia telah membuktikan perubahan yang luar biasa! hmmm.. jadi terharu nih. Rest In Peace Mr. King. (*)

Related Articles
Current Issues
Waduh, Cuma 50 Persen Warga Amerika Serikat yang Mau Divaksin

Interest
Donald Trump Negatif Coronavirus

Current Issues
Hati-Hati, Twitter Akan Suspend Akun yang Mengharapkan Kematian Donald Trump