Entertainment

Wow, Film Pixar 'Soul' Ditonton Hingga 1,67 Miliar Menit di Disney+

Ahmad Redho Nugraha

Posted on January 23rd 2021

Langkah Disney beralih ke platform streaming-nya, Disney+ untuk menayangkan konten film dan animasi sepertinya cukup tepat. Terbukti sejumlah tayangan Disney+ mendulang banyak keuntungan. Salah satu konten Disney+ yang cukup populer sejak akhir tahun lalu adalah film animasi Pixar, Soul.

Pelanggan Disney+ di Amerika Serikat saja menghabiskan 1,67 miliar menit untuk menonton Soul. Data yang dikeluarkan Nielsen itu terjadi dalam kurun dari 21-27 Desember 2020.

Angka tersebut terbilang fantastis. Mengingat 1,67 miliar menit itu ditonton pada pekan pertama sejak penayangan Soul di AS. Soul bahkan mengungguli serial lain di Disney+ yang memiliki banyak episode, misalnya The Office.

Dengan jumlah pelanggan Disney+ yang mencapai 87 juta di AS, maka bisa dipastikan jika hampir semua pelanggan Disney+ menonton film Soul. Bahkan tak sedikit yang menontonnya berulang kali.

Soul, sama seperti animasi Pixar lainnya, memiliki cerita yang bisa dinikmati semua kalangan. Animasi CGI ini bersahabat bagi anak-anak. Film ini menceritakan tentang Joe Gardner, seorang guru musik SMP di Kota New York yang bercita-cita menjadi musisi Jazz.

Ibu Gardner, Libba, menolak cita-cita Gardner karena menurutnya karier musisi jazz tidak menjamin kehidupannya secara finansial.

Suatu hari, Joe mendaftar ke dalam band jazz milik Dorothea Williams yang baru saja dibuka. Joe membuat Dorothea terkesan dengan permainan pianonya. Dari situ Joe ditawari ikut tampil di sebuah pertunjukkan, malam itu juga. Sayangnya, Joe terjatuh ke dalam lubang jalan, dalam perjalanan menuju tempat pertunjukkan.

Joe kemudian tersadarkan dalam wujud ruh. Ia berjalan menuju Great Beyond, tempat kembalinya roh setelah mati. Lantaran Joe tidak ingin mati saat itu, maka ia pun berusaha kabur. Namun ia justru tersesat ke Great Before, tempat di mana para roh yang belum lahir dipersiapkan untuk kelahiran mereka di dunia.

Joe lalu bertemu dengan 22, seorang roh yang sudah berada di Great Before selama ribuan tahun, karena ia merasa terlahir dan hidup di bumi tidak ada gunanya. Joe kemudian berusaha keras membimbing 22 untuk menemukan passion-nya, sehingga dia dapat terlahir ke dunia.

Disney+ memang menjadi penyelamat ketika pandemi Covid-19 makin melemahkan industri film bioskop. Selain Soul, Disney+ sebelumnya menayangkan film Mulan versi live action. Film ini juga seharusnya tayang di bioskop, tapi batal karena pandemi. Disney kabarnya juga akan menayangkan animasi Raya and the Last Dragon di platform Disney+.(*)

Related Articles
Entertainment
Ini Jadwal Baru Peluncuran 'Mulan', 'Black Widow' hingga 'A Quiet Place 2'

Entertainment
Rilis Film Disney Kembali Ditunda, Kali Ini Sampai Satu Tahun

Entertainment
Film Live Action Disney 'Bambi' Digarap Penulis Skenario 'Captain Marvel'