Entertainment

Mengenal Crunchyroll, Platform Nonton Anime Online Terbesar di Dunia

Ahmad Redho Nugraha

Posted on January 23rd 2021

Menonton series via platform streaming saat ini sudah menjadi kebiasaan yang tidak terpisahkan dari remaja dan anak-anak muda. Danm di tengah kebiasaan baru ini, anime memiliki segmentasi konsumen yang istimewa.

Buku Anime from Akira to Howl's Moving Castle karangan susan J. Napier mengatakan jika 60 persen tayangan kartun di seluruh dunia terdiri dari serial anime. Maka tidak mengherankan jika beberapa platform streaming sengaja menayangkan anime secara khusus. Salah satu platform tersebut yang paling terkenal adalah Crunchyroll.

Crunchyroll pada mulanya didesain sebagai situs pengunggahan video komersial yang hanya diperuntukkan bagi konten bernuansa Asia Timur pada 2006 silam. Pada mulanya, konten yang tersedia di Crunchyroll juga termasuk konten-konten ilegal yang diunggah oleh para pemilik akunnya. Situs ini baru melangkah lebih serius dalam mendistribusikan konten legal pada 2008, baik berupa DVD maupun manga.

Kini, Crunchyroll menjadi perusahaan penerbit, distributor, produksi dan lisensi yang sangat berfokus kepada produk anime. Crunchyroll saat ini memiliki perpustakaan konten dengan 1.000 judul dan 30.000 episode anime. Selain itu mereka juga kerap menggelar berbagai event seperti Crunchyroll Expo dan Crunchyroll Anime Awards.

Sama seperti Netflix, Crunchyroll juga memiliki beberapa anime original yang diproduksi langsung tanpa diadaptasi dari IP yang sudah ada. Beberapa judul di antaranya antara lain Noblesse, Onyx Equinox, The God of High School dan Tower of God.

Crunchyroll dapat ditonton melalui situs webnya maupun aplikasi smartphone di ponsel berbasis Android dan iOS. Namun selin itu, platform ini juga tersedia di berbagai perangkat streaming, bahkan platform game konsol seperti PlayStation 3, PlayStation 4, XBox One, XBox 360 dan Nintendo Wii U.

Keunikan lain dari platform ini terletak pada pilihan fasilitas subbed dan dubbed. Konten anime yang berasal dari Jepang akan tersedia dalam pilihan bahasa Inggris dan bahasa lainnya. Jika penontonnya lebih suka mendengarkan dialog langsung daripada membaca subtitle, maka mereka bisa memilih menonton dalam dubbed version, dimana dialog dalam anime diisi suaranya oleh seiyuu sesuai dengan bahasa yang diambil.

Crunchyroll menyediakan tiga jenis paket berlangganan, mulai dari Fan, Mega Fan dan Ultimate Fan. Pelanggan Fan hanya perlu membayar USD 7,99 (sekitar Rp 112 ribu) per bulan untuk dapat menonton anime Crunchyroll di hari yang sama dengan jadwal tayangnya di Jepang. Dengan harga sebesar itu penikmat Crunchyroll sudah terbebas dari iklan. Mereka juga dapat mengakses perpustakaan manga digital Crunchyroll.

Sementara itu, Mega Fan dengan biaya berlangganan USD 9,99 (sekitar Rp 140 ribu) per bulan. Mereka yang berlangganan paket ini memiliki akses semua fasilitas Fan, plus dapat mengakses Crunchyroll pada beberapa perangkat. Termasuk juga menonton secara offline, akses ke Crunchyroll Expo, dan mendapat diskon untuk merch di toko Crunchyroll.

Terakhir, Ultimate Fan. Paket ini menawarkan semua fasilitas Fan dan Mega Fan, serta ekstra bonus figurine dan swag bag edisi terbatas setiap tahunnya.

Namun selain semua itu, Crunchyroll juga menyediakan paket berlangganan gratis. Tapi pelanggan gratisan hanya bisa menonton anime, dan itu pun satu pekan setelah anime tersebut tayang di Jepang.

Crunchyroll saat ini memiliki 3 juta pelanggan di 200 negara di dunia. "Netflix khusus anime" ini menayangkan berbagai judul konten anime yang populer, termasuk Attack on Titan dan The God of High School.

Tahun lalu, kepemilikikan dan pengelolaan Crunchyroll resmi dipegang oleh Sony yang juga memiliki platform streaming anime lain, Funimation.

Baca juga: Gabungkan Crunchyroll dan Funimation, Sony Siap Hadapi Netflix di Ranah Anime

Ada kemungkinan Crunchyroll dan Funimation akan digabungkan di masa mendatang. Namun sebelum hal tersebut benar-benar terjadi, Crunchyroll saat ini masih menjadi platform meononton anime terfavorit di dunia.(*)

Related Articles
Hobi
5 Anime "Legend" yang Dirilis Sebelum 2020 Berakhir

Entertainment
Hore!!! Anime Shaman King Resmi Dibuat Reboot

Hobi
Anime Spin-off Inuyasha Segera Tayang! Ini Judul dan Sinopsisnya