Tech

Aplikasi Etika Chat Dosen, Solusi Simpel Kalau Bingung Merangkai Kata-Kata

Kezia Kevina Harmoko

Posted on January 23rd 2021

Suka waswas kalau mau nge-chat dosen atau guru? Frekuensi ngechat guru atau dosen di masa kegiatan belajar mengajar online seperti sekarang ini tentu tak bisa dihindari kan. Nah, kalian pasti pernah dong bingung gimana merangkai kata-kata yang pas dan sopan biar nggak dianggap sebagai siswa atau mahasiswa kurang ajar sama dosen.

Tenang, buat kalian yang gak ahli merangkai kalimat formal, ada aplikasi Etika Chat Dosen bisa jadi penyelamat.

Aplikasi buatan lulusan Politeknik Negeri Bengkalis ini lumayan sederhana. Kita tinggal pilih menghubungi untuk kepentingan apa, nanti kalimatnya sudah dirangkai sedemikian rupa dan tinggal dikirim.

Awalnya kita diminta memasukkan nama, NIM, dan kelas terlebih dahulu. Langkah ini cukup dilakukan sekali kok, data yang kamu masukkan akan otomatis tersimpan sebagai akun di aplikasi tersebut. Setelah itu, tinggal pilih deh jenis kelamin penerima pesan dan perlu pakai salam Assalamu’alaikum atau tidak.


Tampilan aplikasi Etika Chat Dosen saat membentuk pesan

Selanjutnya isi kolom tujuan menghubungi dosen. Sudah ada beberapa pilihan seperti ingin bertanya atau mengajukan asesmen. Kalau tujuan kita nggak ada di pilihan, bisa diketik sendiri kok. Tinggal lihat kira-kira kalimat yang sopan itu gimana dari pilihan tujuan yang sudah ada.

Kalau ada pertanyaan, tinggal masukkan deh di kolom pertanyaan. Beberapa pilihan default seperti ”Apakah Ibu/Bapak ada waktu“ bisa kita klik kalau memang itu yang mau ditanyakan. Yang terakhir dan nggak kalah penting adalah ucapan terima kasih, bisa yang simpel seperti sekadar “Terima kasih sebelumnya“ atau ”Terima kasih atas waktunya“.


Pesan yang siap dikirim

Setelah lengkap semua, tinggal pilih bagikan pesan untuk langsung dikirim. Bisa juga pesan tersebut disimpan biar jadi template sendiri kalau sewaktu-waktu butuh.

Gampang kan? Gak ribet lagi deh mikir berjam-jam buat nge-chat dosen. Bisa juga sih buat kalian yang masih SMA atau SMP dan mau kirim pesan untuk guru, mungkin perlu diedit sedikit di bagian NIM pas mau kirim pesannya. Ganti saja dengan nomer absenmu.


Referensi pesan berbagai kebutuhan di aplikasi Etika Chat Dosen

Selain pesan-pesan basic, pengembang aplikasi ini juga menyediakan referensi pesan untuk izin kehadiran, revisi, persetujuan, izin mengirim soft copy, dan lain-lain. Kalimat ini sudah dirangkai sesuai dengan data nama, NIM, dan kelas, jadi tinggal dikirim deh!


Salah satu referensi pesan di aplikasi Etika Chat Dosen

Dilansir dari Liputan6, aplikasi ini sudah dirilis sejak 7 Desember 2020 lalu dan hingga saat ini sudah diunduh lebih dari 10.000 kali. Overall aplikasinya memang simpel dan membantu banget, walaupun terkadang masih nge-bug dan banyak template pesan yang bisa ditambahkan. Sayangnya aplikasi ini hanya bisa diunduh untuk pengguna Android nih.

Nah, nggak ada alasan lagi kan nge-chat gak tahu etika karena sudah ada aplikasi yang membantu? Buruan klik di sini buat download.

Related Articles
Current Issues
Semester Depan, Harvard Mulai Kuliah Tatap Muka Tapi Batasi 40 Persen Mahasiswa

Interest
8 Rekomendasi Website dan Aplikasi Biar Tugasmu Cepat Selesai!

Interest
Kritik Pemerintah - DPR Sekalian Ungkapin Baper ke Mantan