Hobi

Mengenal Wayan Budhiyasa, Orang Indonesia yang Muncul di Komik Dragon Ball

Ahmad Redho Nugraha

Posted on January 21st 2021

Siapa itu Wayan Budhiyasa?

Pada saat Akira Toriyama menggarap manga Dragon Ball, dia pernah berlibur ke Bali, Indonesia bersama istrinya. Disanalah Toriyama bertemu dengan sosok penduduk lokal yang baik hati dan ramah bernama Wayan Budhiyasa.

Wayan bukan hanya menyambut Toriyama, tetapi juga berbaik hati mengajak Toriyama dan istrinya melakukan tur berkeliling tempat-tempat liburan di Bali. Sebagai balas budi akan kebaikan Wayan, maka Toriyama pun menggambar sosok karakter Wayan sebagai cameo di dalam manga Dragon Ball, tepatnya di volume 3, chapter 35.

 

Sosok Wayan dalam panel tersebut diindikasikan dengan adanya dua petunjuk: nama yang tercetak di pakaiannya dan tulisan yang ada di stiket yang menempel pada koper Muten Roshi, gurunya son Goku.

Dalam suatu kesempatan wawancara, Toriyama menyebut Wayan sebagai temannya yang berasal dari Bali. Uniknya, Toriyama bukan hanya menggambar Wayan sekali, tetapi dua kali!

 

 

Pada cameo yang kedua, Wayan sedang duduk di bangku penonton untuk menyaksikan turnamen beladiri sedunia, Tenka Ichi Budokai yang diikuti oleh Goku, Kurillin dan Muten Roshi. Wayan tampak menoleh ke arah pembaca, masih dengan pakaian yang sama seperti kemunculannya yang pertama.

Wayan Budhiyasa bahkan memiliki review dan database sendiri di Dragon Ball Wiki, situs yang memuat informasi seputar Dragon Ball, termasuk karakter-karakternya. Di laman Dragon Ball Wiki, Wayan dideskripsikan sebagai penonton yang menyaksikan Turnamen Beladiri Dunia ke-21 yang dapat dilihat pada chapter 32 Dragon Ball, Let the Contest Begin!!.

Pembaca manga atau penonton anime Dragon Ball tentu sadar jika Akira Toriyama memang mengambil beberapa unsur Indonesia ke dalam ceritanya.

Gerbang masuk ke lapangan turnamen Tenka Ichi Budokai sendiri sangat mirip dengan gerbang pura yang biasa ditemui di Bali. Bahkan di Chapter 32, pembawa acara turnamen tersebut menggunakan busana adat orang Bali.

Artikel Terkait
Hobi
Karakter Ayah Son Goku Kembali Tampil di Manga Dragon Ball Super Chapter 68

Hobi
Dua Domain Situs Dragon Ball Didaftarkan untuk "Proyek Rahasia". Benarkah?

Entertainment
Toei Konfirmasi Movie Dragon Ball Super 2 Sedang dalam Pengerjaan, Tayang 2022!