Korea

MV Terlalu Mirip, Warganet Sebut CRAVITY Plagiat TREASURE

Delima Pangaribuan

Posted on January 21st 2021

(YouTube)

Kasus plagiat kembali muncul di ranah pergunjingan warganet Korea alias Kornet. Kali ini grup yang kena isu tersebut adalah rookie boy group CRAVITY. Mengutip AllKpop, warganet berpendapat kalau MV CRAVITY mirip banget sama MV-nya grup rookie lain, TREASURE.

Ini bukan kasus plagiat pertama yang menimpa CRAVITY. Sebelumnya, CRAVITY juga pernah disebut meng-copy paste konsep video sejumlah MV EXO. Mereka juga dikritik karena menampilkan koreografi yang terlalu mirip sama gerakan Cherry Bomb milik NCT.

Di kasus ketiga ini, Kornet menemukan adanya kemiripan antara MV CRAVITY yang berjudul My Turn dengan MV TREASURE yang berjudul Boy. Mereka menyejajarkan foto-foto yang diambil dari tangkapan layar MV sebagai perbandingan antara kedua MV tersebut.

Salah satu yang cukup disorot Kornet adalah miripnya keberadaan motor dan penggunaan cahaya LED untuk menggambarkan kecepatan motor (yang sebenarnya gak bergerak itu). Foto-foto selengkapnya bisa kalian lihat di bawah ini.

(AllKpop)

Kornet gak menyalahkan member CRAVITY, sih. Mereka lebih mengungkapkan kekecewaan pada agensinya CRAVITY yang dinilai gak kreatif menyusun konsep MV. "Aku pikir fansnya harus ngomong ke agensi mereka dan komplain," komentar seorang Kornet seperti dikutip AllKpop.

CRAVITY sendiri belum genap setahun debut. Mereka pertama kali aktif April 2020. Meski demikian, namanya sudah diperhitungkan di kancah per-KPop-an. Kayaknya sayang banget kalau prestasi mereka dicoreng oleh kasus-kasus plagiat kayak gini. Tapi bagaimanapun, tetap semangat dan kasih dukungan positif ya buat CRAVITY! (*)

Related Articles
Korea
Deretan Idol Group KPop yang Bakal Ramaikan Konser Virtual TikTok

Korea
Rentetan Comeback KPop Desember Penutup 2020

Korea
Ini Tipe MBTI Member TREASURE, Kalian Mirip Siapa?