Entertainment

Lady Gaga dan J. Lo Bikin Pelantikan Joe Biden-Kamala Harris Makin Istimewa

Jingga Irawan

Posted on January 21st 2021

Jennifer Lopez saat tampil di pelantikan Joe Biden (Photo by AFP)

Jika kalian mengira bahwa Joe Biden dan Kamala Harris adalah bintang utama dalam pelantikan Presiden ke-46 AS kemarin, sepertinya kalian salah besar gengs. Sebab, Jennifer Lopez dan Lady Gaga yang ditunjuk tampil untuk memeriahkan acara tersebut juga nggak kalah menarik perhatian lho.

Lady Gaga, tampil membius penonton dengan perpaduan warna busana hitam dan rok merah mengembang, yang sempat membuatnya sedikit kesulitan menuruni tangga podium. Ia kemudian menyanyikan lagu kebangsaan Amerika Serikat, Star-Spangled Banner, dengan diiringi oleh band marinir AS.

Gaga sedikit terlambat mengambil nada pertama saat mulai bernyanyi, namun hal itu nggak memengaruhi penonton untuk mengikuti dengan khidmat lagu tersebut hingga selesai. Kemudian, saat lirik terakhir diucapkan, tepuk tangan riuh-reda penonton terdengar.

Lain halnya dengan Gaga, J. Lo muncul dengan busana serba putih mewah dengan rambut dikuncir satu ke belakang. Sampai-sampai media TIME menyebut penampilan wanita berusia 51 tahun itu sebagai representasi kepercayaan diri seorang perempuan.

Ia menyanyikan dua lagu This Land is Your Land karya Woody Guthire yang ditulis pada 1940-an, dan America the Beautiful yang sering disebut-sebut sebagai lagu kebangsaan kedua bagi warga AS. Di tengah nyanyiannya yang lantang, J. Lo meneriakkan kalimat-kalimat persatuan dalam bahasa Spanyol.

Kalimat itu secara nggak langsung juga mewakili ungkapan kesetiaannya sebagai warga berdarah Latin. Bunyi kalimatnya adalah:

Satu bangsa di bawah Tuhan, tak terpisahkan, dengan kebebasan dan keadilan untuk semua,”

Sebelum penampilan Lady Gaga acara tersebut diawali dengan pembacaan doa oleh Pendeta Leo J. O’Donovan sekaligus mantan presiden Universitas Georgetown, yang juga teman dekat keluarga Joe Biden.

Dilanjutkan dengan pengucapan Sumpah Kesetiaan (Pledge of Alligiance) yang dipimpin oleh Andrea Hall. Ia adalah petugas pemadam kebakaran keturunan Afrika-Amerika pertama yang menjadi kapten Departemen Penyelamatan Kebakaran di South Fulton Georgia. Kerennya lagi, ia mengucapkan Sumpah Kesetiaan dibarengi dengan bahasa isyarat lho gengs.

Acara tersebut berlangsung pukul 11.30 waktu setempat atau 23.30 WIB. Berlokasi di West Front Gedung Capitol, Washington D.C. Acara itu juga disiarkan langsung melalui akun YouTube Biden Inaguration Committee. Puncak acaranya terjadi pukul 12.00 waktu AS dengan pengambilam sumpah jabatan Joe Biden yang dipimpin oleh Ketua Pengadilan John Roberts.(*) 

Related Articles
Entertainment
Selebriti AS Ajak CEO Perusahaan Dukung Agenda Perubahan Iklim Joe Biden

Current Issues
Joe Biden-Kamala Harris Menang, Industri Hiburan Hollywood Bergembira

Entertainment
Lady Gaga Kolaborasi sama Oreo, Album Chromatica Bakal Jadi Biskut Edisi Khusus