Tech

TikTok Uji Coba Fitur Q&A, Tempat Kreator Jawab Pertanyaan dalam Teks atau Video

Kezia Kevina Harmoko

Posted on January 21st 2021

(TierOne)

TikTok semakin mengembangkan platformnya biar kreator makin betah bikin karya di platform mereka. Baru-baru ini, aplikasi video singkat buatan ByteDance tersebut melakukan uji coba untuk fitur Q&A (Question and Answer), tempat khusus penonton TikTok bisa memberikan pertanyaan ke kreator dan bisa dijawab dengan teks atau video.

Biasanya kan kreator TikTok menjawab pertanyaan atau merespons komentar dengan menjadikan komentar tersebut sebagai video baru. Nah, fitur Q&A ini akan jadi tempat khusus pertanyaan, bukan tercampur dengan komentar video tertentu.

Dilansir dari TechCrunch fitur ini pertama kali ditemukan oleh konsultan media sosial bernama Matt Navarra. Kreator bisa mengaktifkan mode Q&A ini melalui komentar di suatu video. Sebelum berkomentar, akan ada logo tanda tanya untuk membuat komentar tersebut sebagai kotak pertanyaan.

(Twitter @MattNavarra)

Kreator juga bisa mengaktifkan Q&A saat siaran langsung atau menempatkan tautan kotak pertanyaan tersebut di profil. Kumpulan pertanyaan akan tersimpan di pengaturan bagian kreator.

Setelah ada pertanyaan masuk, kreator bisa memilih untuk menjawab pertanyaan tersebut dengan membuat video atau membalas langsung dengan teks. Ini bagus banget buat jadi tempat informasi dasar atau frequently asked question buat si kreator. Biar nggak capek gitu kan menjawab pertanyaan yang sama terus-menerus.

(Twitter @MattNavarra)

Q&A di TikTok gak punya limit, namun kreator bisa memilih untuk tidak menjawab atau sekadar menyukai pertanyaan tersebut. Saat ini fitur baru tersebut masih dalam tahap uji coba dan hanya sebagian pengguna yang dapat kesempatan buat mencoba.

Pengguna terpilih ini adalah pemilik akun kreator yang publik dan punya minimal 10.000 pengikut. Uji coba ini diluncurkan untuk semua negara dan akan dirilis untuk lebih banyak akun kreator dalam beberapa minggu ke depan. Lihat cara kerja fiturnya di twit ini. (*)

Related Articles
Tech
TikTok Resmi Rilis Fitur Q&A, Bisa Jadi Tempat FAQ buat Para Kreator Konten

Tech
Batas Penjualan TikTok di AS Diperpanjang (Lagi), Drama Bisa Makin Panjang Nih

Interest
Tiga TikToker Melawan, Pemblokiran Tahap Dua di AS Ditunda