Sport

Gol ke-760 Ronaldo Bawa Juventus Raih Piala Supercoppa Italia Kesembilan

Dwiwa

Posted on January 21st 2021

 (@juventusfc)

Cristiano Ronaldo baru saja mencetak gol ke-760 dalam kemenangan kesembilan Juventus di Piala Super. Gol tersebut dicetak Ronaldo saat Juventus melibas Napoli 2-0 pada Kamis dini hari WIB dan memastikan Andrea Pirlo mengangkat trofi pertamanya sebagai manajer Si Nyonya Tua.

Dilansir dari BBC, bintang sepakbola Portugal ini mencetak gol lewat tendangan voli dari jarak dekat di menit ke-64. Kemenangan mereka pun semakin dikokohkan oleh gol Alvaro Morata di babak injury time.

“Senang sekali bisa memenangkan trofi. Ini bahkan lebih indah daripada memenangkannya sebagai pemain. Sulit untuk melihat final yang indah. Penting untuk menang setelah kekalahan melawan Inter. Kami harus menunjukkan harga diri kami,” ujar Pirlo kepada Rai Sport.

Selama pertandingan berlangsung, Juve memang lebih banyak mengontrol pertandingan, dan dua penyelamatan luar biasa kiper Wojciech Szczesny juga patut diacungi jempol. Dia berhasil menggagalkan sundulan Andrea Petaga dan tembakan Matteo Politano, memastikan kemenangan Juventus dengan gemilang.

Gol ke-760 Ronaldo ini juga disebut telah mencetak rekor baru yang sebelumnya dimiliki Josef Bican. Pemain Timnas Austria dan Cekoslovakia pada periode 1933 hingga 1949 ini membuat 759 gol selama karirnya.

Meski begitu, perdebatan juga masih terjadi tentang apakah gol Ronaldo ke Gawang Napoli ini membuat mantan pemain Manchester United itu berhasil mendapat rekor baru. Ada perbedaan pencatatan jumlah gol yang dilakukan oleh beberapa lembaga.

Badan Sepakbola Dunia (FIFA) lewat situs resminya mencatat jika Bican telah melakukan 530 pertandingan dan mencetak 805 gol meski angka tersebut diberi penjelasan sebagai perkiraan.

Selain Bican, gol yang pernah dibuat oleh Pele dan Romario pun masih belum pasti jumlahnya. Kedua legenda Brasil ini diklaim jika sesungguhnya telah mencetak lebih dari seribu gol sepanjang karinya.

Meski begitu, menurut laporan Talk Sport, Pele secara umum dikreditkan dengan 757 gol dan Romario dengan 745 gol untuk pertandingan senior kompetitif saja. Tetapi, Rec.Sport.Soccer Statistic Foundation (RSSSF) mencatat 767 gol untuk Pele dan 772 untuk Romario sehingga Ronaldo masih berada di belakang mereka.

Tetapi terlepas dari itu semua, pemain dengan sebutan CR7 ini memang menjadi yang paling subur di abad ini. Lionel Messi pun tampaknya harus mengakui jika pemain berumur 35 tahun itu lebih unggul soal urusan mencetak gol dibanding dirinya yang baru mencetak 719 gol sepanjang karirnya. (*)

Related Articles
Sport
Ini 10 Pemain Berpenghasilan Tertinggi Versi Forbes, Lionel Messi Ada di Puncak

Sport
Wow, Pendapatan Cristiano Ronaldo Tembus 1 Miliar Dolar!

Sport
Kata Dybala, Sosok Cristiano Ronaldo Dibenci di Argentina, Kenapa ya?