Current Issues

Setelah Tiga Bulan Menghilang, Jack Ma Muncul Dalam Video Singkat

Jingga Irawan

Posted on January 21st 2021

Setelah tiga bulan "menghilang", miliader asal Tiongkok sekaligus salah satu pendiri Alibaba Group, Jack Ma, kembali muncul ke publik, Rabu (20/1). Ia melakukan virtual meeting dengan 100 guru yang tersebar di 24 provinsi di Tiongkok.

Pertemuan itu dilakukan dengan tajuk Jack Ma Rural Teachers Award. Itu adalah acara penghargaan tahunan The Jack Ma Foundation untuk memberikan apresiasi pencapaian para tenaga pendidik dari berbagai wilayah pedesaan dan terpencil.

Global Times, salah satu media yang berafiliasi dengan pemerintah Tiongkok, merilis sebuah video melalui Twitter. Di video itu tampak Jack Ma memberikan pernyataan di hadapan para guru.

"Baru-baru ini, kolega saya dan saya telah belajar dan berpikir. Kami membuat resolusi yang lebih tegas untuk mengabdikan diri pada filantropi pendidikan," kata Jack Ma dalam video berdurasi 50 detik tersebut.

Acara tahunan tersebut biasanya diselenggarakan di Kota Sanya, Tiongkok. Sayangnya, harus diadakan secara online tahun ini karena Pandemi Covid-19. Namun, Jack Ma berjanji bahwa saat Pandemi selesai, ia akan menemui 100 guru tersebut di Sanya.

Rekaman video Jack Ma, salah satu pendiri Alibaba, berbicara kepada para guru di acara tahunan yang dia selenggarakan untuk mengenali pendidik pedesaan, pada 20 Januari 2021. Justin Chin / Bloomberg

"Kami tidak bisa bertemu di Sanya karena wabah ini. Tapi ketika pandemi selesai, kita harus menemukan waktu untuk mengganti perjalanan semua orang ke Sanya, lalu kita akan bertemu lagi!," ujarnya.

Namun video itu tak mengurai di mana sekarang Jack Ma berada. Bahkan, tanggal dan waktu video tersebut diambil juga belum resmi diverifikasi secara independen.

Sebelumnya, Jack Ma juga tak hadir dalam acara reality shows buatannya sendiri, Africa’s Bussiness Heroes pada November lalu. Padahal posisinya saat itu adalah menjadi juri acara. Saaat itu posisi Jack Ma digantikan oleh petinggi Alibaba lainnya.

Pria berusia 56 tahun itu "menghilang" setelah secara terbuka mengkritik sistem regulasi keuangan Tiongkok, dalam sebuah konferensi di Shanghai. Kemudian, banyak rumor beredar bahwa ia ditangkap oleh Pemerintah Tiongkok.

Menyusul kritik kerasnya, Pemerintah Tiongkok melakukan penyelidikan antitrust ke Alibaba terkait dugaan praktik monopoli perusahaan Jack Ma. Mereka juga menghentikan IPO (Initial Public Offering) Ant Group -perusahaan afiliasi Alibaba- dua hari sebelum rilis perdana saham di bursa saham Hong Kong dan Shanghai. Keputusan ini hanya berselang beberapa hari setelah kritik Jack Ma tersebut.(*)

Related Articles
Current Issues
Tiongkok Semakin Tekan Alibaba, Kali Ini Ingin Bongkar Bisnis Media Jack Ma

Current Issues
Hilangnya Jack Ma Sudah Diprediksi Sejak 2015. Ada Apa?

Current Issues
Tiongkok Keluarkan Uang Digital, Apa Dampaknya Bagi Ekonomi Dunia?