Portrait

Mengenal Joe Biden dan Kamala Harris, Presiden dan Wapres AS yang Baru

Jingga Irawan

Posted on January 20th 2021

Buat kalian yang selama ini merasa sangat relate dengan Amerika Serikat, entah budayanya atau hal-hal lain, kalian wajib tahu dong profil presiden baru negeri Paman Sam tersebut. Yups, AS resmi punya presiden dan wakil presiden (wapres) baru. Namanya tentu kalian sudah banyak tahu, Joe Biden. Wapresnya seorang perempuan bernama Kamala Harris.

Joe Biden resmi dilantik sebagai presiden ke-46 Amerika Serikat. Ia menggantikan Donald Trump yang sangat fenomenal dan suka ngeramein twitter itu.

Dalam masa kepemimpinannya nanti, Biden akan ditemani oleh sosok dara hebat berketurunan India sebagai wapres. Dia adalah Kamala Harris. Harris selama ini juga partner Biden di Partai Demokrat.

Biden sendiri berlatar belakang politikus ulung. Namun karir politiknya tentu tidak mulus terus. Untuk sampai ke kursi presiden saat ini, Biden melalui perjalanan dan perjuangan panjang. Berbagai momen menyedihkan mewarnai karier cemerlangnya. Baik Biden maupun Harris pernah menjadi aktivis beberapa isu-isu penting. Baik Hak Asasi Manusia (HAM) maupun isu-isu soal lingkungan.

Berikut beberapa hal yang perlu kalian ketahui tentang Presiden dan Wakil Presiden Amerika Serikat yang baru ini.

Joe Robinette Biden Jr.

Pria ini berasal dari Scranton, Pennsylvania. Di tempat asalnya Biden dikenal dan dikagumi banyak orang. Ia lahir saat Perang Dunia II sedang berkecamuk. Tepatnya pada 20 November 1942. Yap! saat ini usianya mencapai 74 tahun. Meskipun tidak muda lagi, tapi pemikiran Biden sangat pro anak-anak muda loh

Biden sebelum menjadi Mr President sempat menjadi wapres. Iya, doi menjadi wapres Presiden Barack Obama, periode 2009-2017. Saat menjadi wapres di rezim Obama, namanya memang jarang sekali disorot. Wajar ya guys, karena Obama kan memang fenomenal juga ketika menjadi presiden. Apalagi posisi wapres kan sama seperti wakil-wakil di banyak institusi, kerap bekerja di belakang. Dan, bekerja dalam senyap.

Namun hal itu tak membuat Biden kehilangan popularitasnya loh. Buktinya, ia berhasil terpilih sebagai capres dari Partai Demokrat. Mengalahkan calon lainnya. Selain itu, Obama memang sangat respek terhadap Biden. Ini juga yang membuat popularitas Biden terus meningkat. Bahkan, ketika Obama masih menjabat, sang presiden sempat memberikan Presidential Medal of Freedom pada Biden.

Ketika rezim Obama berakhir dan Biden dan istrinya Jill Biden meluncurkan Biden Cancer Initiative. Organisasi itu membantu orang-orang yang membutuhkan pencegahan, deteksi, diagnosis, penelitian, dan perawatan penyakit kanker.

Biden berhasil menjadi anggota kongres termuda, di usia ke-29. Ia terus terpilih tiap pemilihan. Dari 1973 hingga 2009. Ketika menjadi anggota kongres itu, Biden sempat nyaris mati. Ia mengalami darah di sekitar otak dan batok kepala. Saat akan dioperasi, Biden sempat guyon pada dokter yang menanganinya. "Anda lakukan sebaik-baiknya. Sebab suatu saat saya menjadi Presiden Amerika Serikat," ujarnya. Biden mengatakan demikian juga untuk menghibur dirinya. Sebab operasinya kala itu sangat membahayakan. Kemungkinan keberhasilannya hanya 50:50.

Biden selama ini memberikan perhatian lebih terkait isu perubahan iklim. Ia bahkan menyebutnya perubahan iklim sebagai salah satu dari empat krisis yang dihadapi AS saat ini. Pada 2020, ia meluncurkan proposal baru yang menyerukan Amerika Serikat untuk pengelolaan listrik bebas karbon.

Hal-hal Kecil Tentang Joe Robinette Biden Jr.

Percaya atau nggak, Joe Biden pernah mengidap gangguan gagap bicara. Namun, hal itu mudah dilaluinya dengan melatih bicara di depan kaca saat masih kecil. Nah, bagi kalian yang punya keterbatasan tertentu. Jangan minder! Yuk buktikan dan berjuang kalau kamu bisa melakukannya.

The New York Times

Nah, selama masa kuliahnya di Universitas Delaware, Biden juga gemar bermain sepak bola. Seperti laki-laki pada umumnya. Bahkan teman-temannya mengaku, bahwa ia pesepak bola yang cukup andal.

Sekarang kita menuju…

Kamala Devi Harris

Adalah wanita pertama dan wanita kulit berwarna pertama yang menjabat sebagai wakil presiden. Dulunya Harris adalah seorang mantan Jaksa Agung California pada 2011-2017.

Semasa itu pula dia menjabat sebagai Senator AS yang mewakili California. Mulai 2016, dia bertugas di Komite Keamanan Dalam Negeri dan Urusan Pemerintah, Komite Intelijen, Komite Kehakiman, dan Komite Anggaran.

Sebelumnya, dia telah mencalonkan diri sebagai presiden pada 2020 namun gagal. Namun, Harris berhasil menarik perhatian publik dengan penampilan debatnya. Salah satu faktor yang membuat Joe Biden tertarik padanya sebagai wakil presiden adalah persahabatannya yang kuat dengan almarhum putranya, Beau Biden.

Selama kampanye kemarin, Harris berulang kali mengutuk penanganan pandemi Covid-19 oleh Presiden Donald Trump. Dan dalam setiap pidato ia juga menyerukan kepada para pemimpin untuk "mendengarkan para ilmuwan dan pakar" tentang bagaimana mengambil kebijakan tentang Covid-19. Sebab hal itu yang kerap tidak dilakukan oleh Trump.

Hal-hal Kecil Tentang Kamala Devi Harris

Harris adalah putri dari seorang ibu keturunan India dan ayah keturunan Jamaika, yakni Donald J. Harris. Dalam bahasa Sanskerta, namanya memiliki arti "teratai".

Dia lahir 20 Oktober 1964 dan berasal dari Oakland, California. Selain itu, dia juga sering kali memuji mendiang ibunya, Shyamala Gopalan Harris, yang selalu mendorongnya sebagai wanita yang solutif.

The Los Angeles Times

Tidak hanya aktifi di karir politiknya, Harris juga menulis beberapa buku. Salah satunya adalah “The Truths We Hold: An American Journey," yang menceritakan pengalaman pribadinya. Serta buku anak-anak, "Superheroes Are Everywhere." (*)

Baca juga: 

Lady Gaga dan J. Lo Bikin Pelatikan Joe Biden-Kamala Harris Makin Istimewa 

Wapres AS, Kamala Harris Ternyata Seorang ARMY, Ini Buktinya 

Related Articles
Portrait
2 Perempuan di Balik Karier Cemerlang Kamala Harris

Current Issues
Joe Biden-Kamala Harris Menang, Industri Hiburan Hollywood Bergembira

Portrait
Kim Jong-un Jadi Sosok Paling Dicari Ke-2 Versi Google Trends 2020