Hobi

Kung Fu Boy Puncaki Daftar Manga Cetak Best-Selling di Indonesia Selama 2020

Ahmad Redho Nugraha

Posted on January 20th 2021

Meski manga berformat digital dan webtoon kini lebih digemari oleh pembaca komik, namun industri manga cetak (tankoubon) tetap menggeliat. Pada 1 Januari lalu, Elex Media Komputindo, salah satu perusahaan penerbit komik mayor di Indonesia mengumumkan daftar komik best-selling mereka sepanjang 2020.

Hasilnya, ternyata 2020 berbeda dengan 2 tahun sebelumnya. Di mana dua tahun sebelumnya komik terlaris selalu didominasi oleh serial Detective Conan karya Aoyama Gosho. Nah, pada 2020 daftar terlaris dipuncaki oleh manga legendaris Kung Fu Boy Legends atau Tekken Chinmi Legends volume ke-25.

Kung Fu Boy merupakan sala satu manga jadul laris di Indonesia yang kembali dicetak dalam versi premium, sama seperti Doraemon. Di Jepang sendiri, Kung Fu Boy dirilis dengan nama Tekken Chinmi. Hadir sejak 1983 hingga 1997 di Majalah Komik Bulanan Shonen Kodansha.

Cerita Kung Fu Boy cukup klasik dan sesuai dengan zamannya. Bercerita tentang sosok Chinmi. Ia seorang anak muda baik hati yang mempelajari ilmu beladiri Kung Fu.

Chinmi mempelajari kungfu di Kuil Dairin dan terus menjadi petarung yang lebih kuat seiring dengan waktu. Chinmi terutama terkenal karena jurus andalannya, Tsuuhaiken, yang dalam cerita berbahasa Indonesia dikenal dengan nama Tinju Peremuk Tulang.

Selain Kungfu Boy, inilah daftar komik best-selling lainnya di 2020.

1. Kung Fu Boy Legends vol. 25 

2. Boruto – Naruto Next Generation

3. One Piece vol. 91

4. Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba vol. 1 

5. Detective Conan two-in-one omnibus edition vol. 1

6. Dragon Ball Super vol. 9 

7. Detective Conan vol. 97 

8. Attack on Titan vol. 28

9. Kindaichi 37 Tahun (Kindaichi 37-sai no Jikenbo) vol. 1

10. One Punch Man vol. 19

Harga jual tankoubon di Indonesia terus naik seiring dengan waktu. Manga Boruto, Demon Slayer, Dragon Ball Super, dan Kindaichi 37 Tahun saat ini dijual dengan harga Rp 40 ribu per jilid. Sementara Detective Conan edisi omnibus dijual dengan harga Rp 65 ribu.

Di sisi lain, manga mainstream seperti Kung Fu Boy Legends, One Piece, Detective Conan, dan Attack on Titan masih dijual dalam kisaran yang terjangkau anak sekolahan, yaitu antara Rp 27 ribu  hingga Rp 30 ribu per jilid.(*) 

Related Articles
Hobi
Manga Doraemon Edisi Spesial Ini Bisa Tahan Hingga Usia 100 Tahun

Hobi
Bara Bikin Ngamuk Banyak Orang di Chapter 3 ‘Sangsaka Lima’, Kenapa ya?

Hobi
Hideo Kojima dan Junji Ito Dikabarkan Garap Game Horor Bareng