Hobi

Manga Spin-off Dr. STONE Reboot: Byakuya Selipkan Petunjuk Soal Ending Dr. STONE

Ahmad Redho Nugraha

Posted on January 20th 2021

Dr. Stone kembali mencuri panggung, terutama setelah season kedua animenya tayang kembali di Netflix sejak pekan ini. Manga Dr. Stone selama ini dirilis beriringan dengan manga spinoff-nya, Dr. STONE Reboot: Byakuya, yang menceritakan tentang kisah survival Byakuya Ishigami. Dia adalah ayah angkat Senku Ishigami yang selamat dari pancaran radiasi misterius yang mengubah manusia di seluruh bumi menjadi batu.

Byakuya bersama kelima rekan astronautnya bisa selamat dari bencana katastropik tersebut. Sebab saat bencana terjadi mereka tengah berada di ISS (International Space Station) milik NASA yang mengorbit di luar atmosfer bumi. Setelah mengetahui apa yang terjadi dengan manusia di bumi, Byakuya dan rekan-rekannya berencana melakukan pendaratan di bumi dan membangun ulang peradaban manusia.

Satu volume spin-off ini ternyata mengungkap sangat banyak hal yang kemungkinan akan cukup berdampak pada cerita inti Dr. STONE. Di akhir manga Dr. STONE Reboot: Byakuya, sebelum Byakuya dan rekan-rekannya kembali ke bumi, dia meninggalkan Rei. Rei merupakan robot super cerdas di ISS untuk merawat stasiun luar angkasa tersebut setelah Byakuya dan teman-temannya pergi.

Rei kemudian merawat dan memperbaiki ISS agar dapat bertahan selama ribuan tahun dengan memanfaat segala sumber daya yang bisa dia peroleh di luar angkasa. Namun tanpa Byakuya ketahui, Rei ternyata berhasil membuat mesin cetak 3D yang dia pergunakan untuk membuat versi kecil dari ISS dan dirinya sendiri. Dan, 3.700 tahun kemudian, berbarengan dengan kembalinya Senku dari wujud batunya, Rei terbangun dalam tubuh robotnya yang baru.

Kemunculan Rei ini kemungkinan akan menjadi salah satu faktor kunci yang menentukan arah cerita Dr. STONE. Mengingat tujuan Senku yang berikutnya adalah menciptakan roket dan pesawat luar angkasa, agar dia dapat mencapai bulan dan mengungkap siapa dalang di balik peristiwa bencana 3.700 tahun lalu.

Manga Dr. Stone sendiri terbit sejak 2017 lalu di Majalah Komik Mingguan Shonen Jump. Kini manga ini telah mencapai chapter 181. Sementara itu, anime Dr. Stone saat ini telah memasuki babak yang menentukan, antara pertempuran Science Kingdom Senku yang menjunjung ilmu pengetahuan, serta Strength Kingdom Tsukasa yang mengedepankan kekuatan bertahan hidup.(*)

Related Articles
Hobi
Mangaka Dr. Stone Membuat Manga Spin-off One Piece Tentang Portgass D. Ace

Hobi
Buat Crossover Art dengan One Piece, Dr. Stone Selamatkan Ace dari Eksekusi Mati

Hobi
Donald Trump "Numpang Lewat" di Chapter Terbaru Dr. Stone