Hobi

Berdasarkan Survei, Ini Deretan Manga yang Endingnya Paling Dinantikan Orang

Ahmad Redho Nugraha

Posted on January 20th 2021

Saat ini ada beberapa judul serial manga yang masih belum tamat, bisa jadi karena pengarangnya hiatus atau karena ceritanya yang memang tidak kunjung selesai. Beberapa manga ini bahkan terus ongoing meski jumlah chapter-nya sudah jauh melampaui 1.000, contohnya seperti manga tentang olahraga tinju, Hajime no Ippo yang saat ini telah menembus chapter 1.300.

Dengan sistem seleksi yang ketat, tentu saja tidak semua manga dapat ongoing selama itu begitu saja. Ada fans yang setia menantikan kelanjutan cerita manga tersebut, atau lebih jauh lagi, menantikan kapan manga tersebut akan tamat.

Sebuah situs survei internasional yang berbasis di Jepang, Futabnet baru-baru ini menggelar polling terkait judul manga yang ingin selesai mereka baca sebelum mereka meninggal dunia. Mengingat polling ini diikuti oleh responden yang berusia di atas 30 tahun, maka hasil polling-nya sendiri cukup menarik.

Hajime no Ippo sendiri menempati posisi ke-10 dengan jumlah pemilih sebanyak 2 persen dari total responden. Lalu diikuti Kingdom, Kobo-chan dan Berserk di posisi 9, 8 dan 7.

Setelah itu, menyusul Jojo's Bizzare Adventure di posisi keenam yang mendapat 4 persen suara. Kemudian Golgo 13, manga tertua yang masih ongoing di dunia hingga saat ini.

Di posisi keempat, ada Glass Mask,  dan tentu saja disusul oleh manga karangan "The King of Hiatus" Yoshihiro Togashi, Hunter x Hunter dengan jumlah suara sebanyak 9 persen.

Mengejutkannya, komik One Piece hanya menduduki peringkat kedua. Peringkat pertama manga yang paling ingin selesai dibaca banyak orang saat ini adalah Case Closed alias Detective Conan. Mereka berhasil menggaet 31 persen suara responden.

Tentu saja semua orang penasaran bagaimana akhir petualangan Shinichi Kudo dalam tubuh Konan Edogawa, seorang anak kecil yang terus saja berada di kelas 1 SD selama hampir 20 tahun. Mungkin Detective Conan adalah satu-satunya manga di daftar ini yang tidak akan tamat dalam beberapa tahun ke depan.(*)

Artikel Terkait
Hobi
Doyan Anime? 6 Anime Shonen Ini Wajib Kamu Tonton Saat Libur Lebaran

Hobi
Eiichiro Oda "Izinkan" Fansnya Menjual Stiker Line One Piece. Ini Syaratnya!

Hobi
Buat Crossover Art dengan One Piece, Dr. Stone Selamatkan Ace dari Eksekusi Mati