Tech

Wattpad Resmi Jadi Saudara Webtoon, Setelah Diakuisisi Naver

Jingga Irawan

Posted on January 20th 2021

Korean Tech Desk

Platform storytelling yang telah eksis selama 14 tahun dan telah menjadi favorit remaja Indonesia, Wattpad, telah diakuisisi oleh Naver. Itu adalah nama perusahaan asal Korea Selatan, sekaligus pemilik Webtoon. Platform komik digital yang nilai perushaaannya mencapai 600 juta dolar Amerika Serikat, atau setara dengan Rp 8 triliun.

"Visi Wattpad menghibur dan menghubungkan dunia melalui cerita sangat cocok dengan visi kami untuk Webtoon dan konten terobosan Naver. Kami sangat senang mereka bergabung dengan keluarga Naver," kata Seong Sook Han CEO Naver, dikutip dari Tech Crunch, Rabu, (20/1).

Sebagai salah satu perusahaan publik terbesar di Korea Selatan, Naver telah melebarkan sayapnya untuk beberapa bisnis seperti: e-commerce, fintech, komunikasi (jejaring sosial), layanan cloud, konten, dan layanan dan merek hiburan termasuk Smart Stores, N Pay, LINE, BAND, V Live, serta Snow.

Akuisisi ini memungkinkan adanya kerjasama konten serta cerita yang lebih inovatif, antara Webtoon dan Wattpad. Apalagi keduanya juga memiliki kriteria sasaran pembaca yang hampir sama. Sementara itu, meskipun telah diakuisisi, Wattpad tetap akan berkantor pusat di Kanada. Tetap di bawah kepemimpinan dari Allen Lau dan Ivan Yuen.

Menurut Naver, Webtoon rata-rata memiliki lebih dari 67 juta pengguna bulanan. Demikian pula dengan Wattpad yang memiliki 90 juta pengunjung setiap bulannya dan telah menerbitkan 1 milliar cerita. Keduanya saat ini juga kompak menjadi sasaran produsen film yang sedang mencari konten cerita.

Beberapa produksi film Hollywood yang diangkat dari kisah romantis Wattpad antara lain, After (2018) dan The Kissing Booth (2018). Sementara, beberapa komik Webtoon yang sukses diadaptasi menjadi drama korea antara lain, Cheese In The Trap (2016) dan What’s Wrong With Secretary Kim? (2018).

Kedua perusahaan juga saling memuji dengan adanya kerja sama ini. Komentar positif pun datang dari perwakilan Webtoon, "Langkah besar menjadikan kami perusahaan media hiburan multimedia global terkemuka,” kata CEO Jun Koo Kim.

Kerja sama ini diharapkan dapat menguntungkan kedua belah pihak. Entah kolaborasi konten atau fitur baru yang mungkin akan diluncurkan keduanya dalam beberapa waktu ke depan. Tetapi yang jelas, ini akan menjadi gebrakan baru untuk dunia hiburan dunia.(*)

Artikel Terkait
Korea
Akhirnya Rilis, 7 Fates: Chakho Tuai Perbedaan Respons di Naver Korea dan Global

Interest
Wattpad dan Webtoon Kerja Sama dengan ViacomCBS, Cari Cerita buat Jadi Series

Opinion
Ini Dia 5 Softskill Berguna Di Masa Depan