Entertainment

Camila Cabello Luncurkan Proyek Healing Justice, Dukung Kesehatan Mental Aktivis

Kezia Kevina Harmoko

Posted on January 20th 2021

(Rodin Eckenroth/Getty Images)

Camila Cabello memang sering banget menyebarkan kesadaran tentang pentingnya kesehatan mental. Kali ini ia bekerja sama dengan Movement Voter Fund, organisasi nonprofit yang menghubungkan donatur ke organisasi kecil yang butuh bantuan.

Organisasi ini meluncurkan proyek bernama Healing Justice, bantuan dalam bentuk dukungan kesehatan mental untuk para aktivis garis terdepan.

Pelantun My Oh My ini mengawali keterlibatannya dengan mendonasikan uang sebesar USD 250.000 (sekitar Rp3,5 miliar) untuk dana awal dan akan terus menyumbang untuk periode selanjutnya. Untuk awalan, proyek ini akan menyalurkan dana ke sepuluh organisasi untuk menanggung layanan kesehatan mental para aktivis selama enam bulan.

Karena organisasi penerima dan tersebut berisi aktivis yang memperjuangkan keadilan ras, sering kali mereka menerima perlakuan tidak adil karena ras mereka dan mengakibatkan kesehatan mental mereka terpengaruh. Mereka mengalami tingkat kelelahan mental yang sangat tinggi dan trauma sehingga butuh penyegaran kesehatan mental.

Organisasi yang menerima bantuan dari proyek tersebut adalah Black Leaders Organizing Communities, Faith for Justice, Freedom, Inc., Living United for Change in Arizona, Mass Liberation Arizona, MN350, Muslim Women For, QLatinx, Southerners on New Ground, dan Student Advocacy Center of Michigan.

Proyek Healing Justice tercetus setelah perbincangan Camila dengan ahli bedah asal California, Nadine Burke, tentang dampak stres yang merusak (sistem respons stres tubuh yang terus aktif). Pemeran film Cinderella ini juga berbicara dengan pencetus proyek Latinx Racial Equity tentang isu rasial.

Pacar Shawn Mendes ini mulai tertarik ke dua topik tersebut setelah menerima kecaman atas unggahan media sosialnya pada 2012 atau 2013 yang mengandung ungkapan rasis.

Unggahan yang jadi ramai pada 2019 itu membuat Camila merasa sangat bersalah dan malu menggunakan pemilihan bahasa yang menyakitkan. Sejak itu, ia berjanji untuk menggunakan platform-nya untuk menyuarakan ketidakadilan ras.

Melalui unggahan Instagramnya, Camila mengungkapkan, “Kami mendukung organisasi-organisasi tersebut dengan perjuangan mereka yang tanpa lelah. Terima kasih untuk semua aktivis yang terus menyuarakan suaranya. Kami mendengar dan kami ada di sini untuk kalian,” ujarnya.

Pelantun Liar ini juga menambahkan kalau beberapa bulan ke depan ia akan membagikan konten tentang organisasi penerima bantuan tersebut biar kita lebih tahu tentang proyek Healing Justice. (*)

Related Articles
Entertainment
Camila Cabello Buka-Bukaan Soal OCD dan Gangguan Kecemasan yang Dideritanya

Entertainment
Camila Cabello Rayakan Thanksgiving Sambil Ajak Fansnya Latihan Bersyukur

Entertainment
Camila Cabello Ungkap Ia dan Shawn Mendes Transparan tentang Kesehatan Mental