Tech

Instagram Akui Reels Masih Kalah dengan TikTok, Belum Bisa Bikin Tren Booming

Kezia Kevina Harmoko

Posted on January 20th 2021


(Instagram)

Sejak muncul rencana TikTok akan diblokir Amerika Serikat pada 2020 lalu, sederet media sosial berusaha bikin "TikTok KW" sebagai usaha menggantikan aplikasi video singkat tersebut. Instagram salah satu yang mencoba lewat fitur Reels. Sayangnya Reels bisa dibilang masih kalah jauh dari TikTok. Bahkan hal ini diakui oleh kepala Instagram sendiri, Adam Mosseri.

Dalam podcast Decoder yang diadakan oleh The Verge, Mosseri mengaku belum puas dengan Reels milik Instagram. "Memang ada pertumbuhan di angka pengguna dan waktu yang dihabiskan di Reels, namun perjalanan kami masih panjang. Kami harus jujur, TikTok masih lebih maju," ujar petinggi Instagram tersebut.

Reels dirilis pada Agustus tahun lalu, menanggapi keputusan resmi pemerintah AS untuk memblokir TikTok. Sejak itu, berbagai proses pemblokiran total terus terjadi. Upaya pembicaraan agar kebijakan itu tidak diterapkan juga nggak kunjung menemukan titik temu. Sampai akhirnya presiden negeri Paman Sam tersebut berganti.

Mosseri menyebut setelah sebulan dirilis, Instagram berusaha membuat Reels berbeda dari TikTok. Misalnya, di TikTok ada banyak filter yang jadi tren tersendiri buat video pendek. Instagram sebaliknya. Mereka lebih ingin membuat lebih banyak fitur yang mendorong terciptanya tren baru. Instagram ingin menyerahkan lahirnya tren-tren baru kepada pengguna, bukan diatur perusahaan.

Ironisnya, pengguna Reels masih cukup banyak yang hanya sekadar memanfaatkan fitur tersebut untuk mengunggah ulang video TikTok mereka. Terkait hal ini, Mosseri sedikit berkilah. Menurutnya, Reels juga punya banyak kreator yang langsung membuat video di platform tersebut.

Kepala dari Instagram tersebut juga menyebut kalau platform-nya agak kesulitan mengatur banyaknya format video yang ada. Video story, video unggahan di feed, IGTV, dan pastinya Reels. Ia menyebut kemungkinan nanti akan ada penyatuan format video.

Memang sih TikTok sudah punya tempat tersendiri di hari penggunanya dan bakal sulit banget buat berpaling ke platform lain. Aplikasi video singkat tersebut sudah jadi trendsetter tersendiri dan susah banget disaingi. Tapi, sepertinya Instagram dengan Reels dan Snapchat masih terus mencoba walaupun Facebook dengan Lasso sudah mengaku kalah.(*)

Related Articles
Current Issues
CEO TikTok Minta Bantuan Instagram dan Facebook Lawan Pemblokiran

Tech
Instagram Putuskan Fokus ke Konten Video, Bukan Lagi Media Sharing Foto

Current Issues
Ini Media Sosial yang Berjaya dan Tumbang dalam Satu Dekade