Hobi

Suka Olahraga? 6 Manga Bergenre Sport Ini Mungkin Cocok Buat Kalian!

Ahmad Redho Nugraha

Posted on January 19th 2021

Genre olahraga dalam manga memang tidak ada matinya. Manga maupun anime yang membaas tentang olahraga memiliki segmentasi pasar ganda, yaitu penggemar komik dan penggemar olahraga itu sendiri.

Tidak sedikit cerita tentang orang yang mulai menyukai satu jenis olahraga sejak dia membaca komik yang menceritakan tentang olahraga tersebut. Contohnya seperti manga Slam Dunk dan olahraga basket.

Mainmain.id kali ini merampung beberapa manga olahraga paling populer dan berpengaruh sepanjang masa. Beberapa dari manga ini bahkan mungkin pernah mengisi waktu luang kamu di masa kecil!

1. Hajime no Ippo

Hajime no Ippo bukan hanya manga olahraga yang fenomenal, tetapi juga manga olahraga dengan jumlah chapter dan volume terbanyak sepanjang sejarah. Manga ini memasuki chapter ke-1000-nya pada 2012. Serta mencapai chapter 1.300 pada 2020 lalu. Sementara jumlah tankoubon atau jilidnya saat ini sudah ada 129 jilid!

Hajime no Ippo menceritakan perjalanan karier seorang atlet tinju profesional bernama Ippo Makunouchi. Ippo tadinya hanya seorang siswa SMA pemalu yang tidak memiliki teman karena selalu sibuk membantu usaha keluarganya sepulang sekolah.

Hingga suatu hari, Ippo dirundung secara fisik oleh geng preman di sekolahnya yang membuatnya babak belur. Ippo lalu ditolong oleh Mamoru Takamura, seorang petinju kelas menengah yang kebetulan lewat didekatnya saat menuju ke gym tinju tempatnya biasa berlatih. Takamura kemudian menyadari jika Ippo memiliki bakat tinju terpendam, dan dia pun memperkenalkan Ippo ke dunia tinju profesional.

 

2. Slam Dunk

Siapa yang tidak tahu Slam Dunk? Sebelum mengerjakan manga seinen seperti Real dan Vagabond, Inoue Takehiko pernah memadukan hobinya bermain basket dan kemampuannya menggambar manga, sehingga lahirlah manga olahraga basket berjudul Slam Dunk.

Baik manga maupun anime Slam Dunk demikian populer di seluruh dunia. Meski serial manganya sudah tamat sejak 1996 lalu. Sejak pertama memulai Slam Dunk, Takehiko tahu jika dia menapaki jalan yang sulit.

Bahkan editornya mengatakan jika bola basket adalah topik yang "tabu" di dunia manga. Namun itu justru membuat Takehiko semakin terdorong untuk memperkenalkan olahraga basket kepada para pembacanya, khususnya yang berada di Jepang.

Hasilnya, banyak pembaca Slam Dunk di seluruh dunia yang akhirnya memberanikan diri untuk mulai bermain basket. Pada 2010, Inoue Takehiko memperoleh penghargaan dari Asosiasi Pebasket Jepang atas jasanya memperkenalkan olahraga basket kepada masyarakat Jepang.

Slam Dunk sendiri bercerita tentang Hanamichi Sakuragi, seorang preman SMA yang sangat selalu ditolak dalam percintaan. Dia akhirnya bertekad untuk mempelajari olahraga basket karena dia tahu gebetannya, Haruko Akagi menganggap jika basket adalah olahraga yang keren. Motivasi yang aneh itu ternyata justru membuat Hanamichi jatuh cinta pada olahraga basket.

 

3. Hikaru’s Go

Beberapa olahraga lebih mengandalkan ketahanan daya pikir dan mental daripada kekuatan fisik. Salah satunya Go, permainan papan asal Jepang yang menyerupai catur.

Hikaru’s Go atau Hikaru no Go terbit di Jepang antara 1999 hingga 2000. Animasinya sempat ditayangkan di TV7 Indonesia pada 2003-2004. Manga ini merupakan salah satu karya paling awal Takeshi Obata, ilustrator Death Note dan Platinum End.

Manga ini memadukan genre olahraga dan spiritual. Di mana karakter utamanya, Hikaru Shindo, tanpa sengaja menemukan papan go kuno di loteng kakeknya. Papan tersebut ternyata dihantui oleh Fujiwara no Sai, seorang pemain go profesional yang hidup di Jepang era Heian.

Sai yang terobsesi memainkan go kembali akhirnya menjalin hubungan pertemanan unik dengan Shindo. Dia merasuki Shindo dan bermain go dengan menggunakan tubuh Shindo.

Hingga pada suatu hari, Shindo dan Sai dapat mengalahkan Akira Touya, seorang atlet go profesional muda. Touya kesulitan menerima kekalahannya dan menjadi terobsesi mengungkap rahasia di balik kehebatan Shindo memainkan go.

 

4. Eyeshield 21

Eyeshield 21 memperkenalkan permainan olahraga yang pada masanya tidak terlalu populer di Jepang, yaitu amefuto alias american football. Manga ini dikerjakan oleh duo mangaka Riichiro Inagaki dan Yusuke Murata.

Eyeshield 21 bercerita tentang Sena Kobayakawa, seorang siswa baru di SMA Deimon yang memiliki kecepatan lari di atas rata-rata, namun kekuatan fisik yang lemah. Hiruma Youichi, ketua klub amefuto SMA Deimon melihat potensi Sena, lalu merekrutnya secara "paksa" untuk menjadi runner back bagi tim amefuto Deimon Devil Bat.

Sena yang pada awalnya menjalani perannya secara terpaksa, perlahan mulai menemukan passion-nya dalam olahraga tersebut. Terutama setelah timnya mengalami kekalahan telak dari tim Ojou White Knight dan lineback-nya yang kuat, Shin Seijuro.

Dengan kecepatan lari Sena, kecerdasan Hiruma dan kekuatan Kurita, tim Deimon Devil Bat pun mulai merekrut anggota tim amefuto yang serius dan bercita-cita untuk bersama-sama memenangkan kompetisi amefuto paling bergengsi di Jepang, Christmas Bowl.

 

5. Haikyuu!!

Haikyuu!! mungkin adalah anime olahraga paling populer di dunia saat ini, terutama di Indonesia. Anime ini diadaptasi dari manga berjudul sama yang dikerjakan olehh Haruichi Furudate. Haikyuu yang berarti "terbang" adalah manga yang bercerita tentang olahraga voli.

Tokoh utama dari manga ini adalah Shoyo Hinata, seorang siswa SMA yang bertubuh pendek, namun memiliki postur atletis dan mempunyai bakat melompat vertikal yang mengagumkan. Potensi itu membuatnya menjadi wing spiker dalam permainan voli.

Hinata tertarik bermain voli setelah menyaksikan turnamen voli SMA yang disiarkan secara nasional. Di mana seorang pemain voli bertubuh pendek yang digelari “The Little Giant” mengambil atensi publik karena bakat bermain volinya.

Hinata pun kemudian menggalang tim volinya sendiri dan bertanding di sebuah turnamen. Tapi tim SMP-nya mengalami kekalahan pahit melawan tim yang diketuai Tobio Kageyama, seorang atlet voli berbakat yang dijuluki “The King of The Court”.

Hinata pun bertekad mengalahkan Kageyama dalam kompetisi voli antar SMA kelak. Namun secara konyol, ia justru masuk ke SMA yang sama dengan Kageyama, sehingga keduanya justru memutuskan untuk membentuk tim voli bersama.

 

6. Initial D

Di antara semua manga bergenre olahraga, olahraga di dalam manga ini mungkin yang paling tidak mungkin dimainkan oleh pembaca manga di mana pun. Initial D bercerita tentang olahraga balap mobil liar yang banyak dilakukan di Prefektur Gunma, Jepang.

Tokoh utama dalam manga ini adalah Takumi Fujiwara. Ia seorang siswa SMA biasa yang benci mengendarai mobil. Tapi, terpaksa mengendarai mobil setiap harinya karena dia bertugas sebagai pengantar pesanan tahu yang dibuat oleh usaha keluarganya. Fujiwara sudah terbiasa membawa mobil sejak dia SMP, melewati tikungan-tikungan tajam di jalanan pegunungan.

Bakat berkendara tersebut akhirnya disadari oleh teman Takumi, yang kemudian mengenalkannya dengan Touge Racing, dunia balap liar Jepang. Takumi, menggunakan mobil keluarganya, Toyota Sprinter Trueno, dengan mudah mengalahkan Ryousuke Takahashi, kepala geng balapan liar Red Suns di tikungan jalan Gunung Akina, lintasan yang sudah dilewati Takumi setiap hari selama lima tahun.

Sejak saat itu, Takumi terus menerima tantangan balap dari pebalap liar profesional yang datang dari seluruh penjuru Jepang. (*)

Eits, tunggu dulu, ini ada celana basket dengan desain Manga, intip dulu siapa tahu cocok buat kalian:

Baca artikelnya di sini ya: Celana Basket Kece ala Manga dari AZA, Cuma Seharga Paket Datamu

 

BACA JUGA: 

Related Articles
Sport
Setelah Lama Tamat, Slam Dunk Kembali Lewat Anime Movie

Hobi
Oktober 2021, 'Platinum End' Karya Mangaka 'Death Note' Bakal Jadi Anime

Hobi
'Real', Manga Tentang Pemain Basket Kursi Roda Kembali Setelah Hiatus 5 Tahun