Portrait

Mengenal Martin Luther King Jr dan Quotes Inspiratifnya yang Luar Biasa

Jingga Irawan

Posted on January 19th 2021

CNBC

Pada 15 Januari, 92 tahun yang lalu, salah satu tokoh dan aktivis berpengaruh di dunia lahir. Namanya adalah Marthin Luther King Jr. Biasa disingkat MLK. Ia dikenal karena keberaniannya menentang penindasan terhadap minoritas dan diskriminasi rasial. Terutama orang-orang berkulit hitam di Amerika Serikat.

Sayangnya, ia meninggal dunia di usia yang masih terbilang muda, 39 tahun. Dr. King -sebutan akrabnya- tewas ditembak saat dirinya berada di Motel Lorraine, Memphis, Tennesse pada 4 April 1968. Marthin Luther King, Jr dimakamkan di kampung halamannya di Atlanta, Georgia.

Lima hari setelah aksi penembakan dilakukan. Puluhan ribu pelayat hadir di pemakaman tersebut. Di beberapa wilayah bahkan sempat terjadi protes hingga bentrok akibat dari kematiannya yang misterius dan penuh dengan permainan politik. 

Untuk memperingati keberanian dan perjuangannya, 4 hari setelah kematiannya, anggota Kongres John Conyers (Partai Demokrat) mengajukan RUU untuk menjadikan hari ulang tahun King sebagai hari libur nasional. Kebijakan itu goal, dan akhirnya dikenal dengan nama resmi Martin Luther King Jr. Day.

Hari libur ini jatuh pada setiap Senin ketiga pada bulan Januari di Amerika Serikat. Tahun ini Martin Luther King Jr. Day diperingati pada 18 Januari 2021. Biasanya perayaan ini begitu ramai beritanya di Amerika Serikat. Apalagi belakangan di Negeri Paman Sam itu memang tengah terjadi gejolak sosial. Perlawanan terhadap tindakan-tindakan diskrimatif.

Selama ini Dr. King dikenal dengan kalimat-kalimat pidato, karyanya yang menginspirasi. Setiap peringatan Martin Luther King Jr. Day di berbagai daerah Amerika Serikat, salah satu peserta akan membacakan kalimat-kalimat yang dulu pernah dilontarkan Dr. King dalam kegiatan aktivismenya.

Berikut beberapa menginspirasi dari Dr. King yang dapat diteladani oleh Gen Z di masa kini:

1. "Lightning makes no sound until it strikes.”

Dari bukunya yang berjudul Why We Can’t Wait (1964)

Setiap sifat apatis atau acuh tak acuh adalah hal yang tidak seharusnya dimiliki oleh individu, seorang pemimpin, atau sebuah organisasi. Maksudnya, jika kalian melihat suatu fenomena terjadi, jangan menunggu akibat negatif muncul, langsung bertindak lah untuk membuat perubahan berarti. Biasanya Gen Z yang aktif di organisasi maupun kegiatan sosial pasti paham nih.

2. "Every man must decide whether he will walk in the light of creative altruism or the darkness of destructive selfishness.”

Dari karyanya yang berjudul Three Dimensions of a Complete Life (1960)

Maknana adalah setiap manusia dapat menentukan setiap tindakan dalam hidupnya. Entah untuk sebuah kebaikan atau keburukan. So, wahai anak muda, di usia kalian saat ini manfaatkan perjalanan hidup dan waktu kalian untuk melakukan kebaikan sebanyak mungkin.

3. “We must use time creatively, in the knowledge that the time is always ripe to do right.

Dari surat terbuka yang bertajuk Letter from a Birmingham Jail (1963)

Dear Gen, Z. Dari kalimat itu yang perlu ditegaskan adalah, "Jangan buang-buang waktu!”. Kita sering mengira bahwa kita memiliki banyak waktu daripada yang sebenarnya. Akhirnya, kita terlena dengan aktivitas maupun isu penting yang harusnya kita lakukan dan sadari. Sederhannya, kalau punya tugas kuliah atau pekerjaan rumah langsung dikerjakan ya!.

4. “The function of education is to teach one to think intensively and to think critically. Intelligence plus character — that is the goal of true education.”

Dari karyanya The Purpose of Education (1948)

Kita hidup di dunia yang serba cepat, dan mereka yang nggak bisa berkomitmen untuk belajar akan tertinggal dengan perubahan kemajuan. Nah, meskipun beberapa dari kalian saat ini sudah lulus kuliah dan telah bekerja, bukan berarti kewajiban belajarnya selesai ya. Ingat! Teruslah memperkaya ilmu agar nggak tertinggal.

5. “Life’s most persistent and urgent question is, what are you doing for others?”

Dari khotbahnya di Montgomery, Alabama (1957)

Kalian mungkin sudah sering mendengar kalimat, “Apa yang sudah kalian lakukan untuk orang lain?.” Sebab, Inti dari kehidupan sosial adalah berusaha untuk menolong orang lain. Dan seberapa besar perilakumu dapat menambah nilai yang berarti dalam hidup orang tersebut. Kita adalah manusia yang saling membutuhkan. (*)

Related Articles
Interest
Ada LINE OpenChat Resmi untuk Ospek Kampus, Kalian Sudah Gabung?

Opinion
7 Kebiasaan Baru Milenial dan Generasi Z Gara-gara Coronavirus

Current Issues
Tamansari Digusur, Ruang Kesenian Anak Muda Bandung Kian Sempit